Kesinambungan Transformasi Teknologi Episode Merdeka Belajar

Selasa, 29 Agustus 2023 - 12:27 WIB
loading...
A A A
Juga, platform ini dapat mengungkapkan situasi iklim sekolah. Iklim sekolah terkait dengan kejadian berupa kekerasan seksual, perundungan, dan intoleransi yang ada di masing-masing sekolah. Ini penting agar sekolah dapat mencari solusi untuk menuntaskan tiga isu tersebut agar terjadi proses pembelajaran aman, nyaman, dan sehat.

Apabila data yang tersedia dalam platform ini akurat, sekolah secara otomatis dapat melakukan refleksi dan perbaikan. Dengan demikian, sekolah-sekolah dapat dengan cepat mengidentifikasi dan memutuskan program-program yang harus diprioritaskan untuk tahun anggaran ke depan.

Yang menjadi tantangan, apakah data platform Rapor Pendidikan ini dapat tersedia dengan cepat. Seharusnya data tersedia, jauh sebelum masa pembelajaran dimulai agar sekolah dapat merujuk kepada data terbaru. Tidak seperti di masa lalu, data baru muncul setelah tahun anggaran baru dimulai. Akibatnya, perencanaan yang berbasis data atau bukti tidak dapat dilakukan.

Sinergitas

Perwujudan platform bukan merupakan pekerjaan yang mudah. Kompetensi dan ketersediaan sumber daya manusia (SDM) menjadi faktor kunci. Keberadaan beberapa platform dalam waktu yang relatif singkat, dimungkinkan melalui kolaborasi dengan berbagai tenaga kompeten atau profesional di bidang teknologi.

Pelibatan para tenaga profesional tampaknya menjadi salah satu kunci memfasilitasi transformasi teknologi yang ada. Yang menarik, platform yang sudah dikembangkan tidak membebankan masyarakat alias gratis.

Yang ditunggu, sejauhmana platform dapat diakses berbagai pemangku kepentingan, dan tidak menjadi kepemilikan pihak-pihak tertentu. Kemudahan akses menjadi indikator bahwa pengembangan platform bagian dari keberpihakan kebijakan.

Juga perlu keterbukaan bagi berbagai pemangku kepentingan dalam rangka penyempurnaan. Proses edukasi dan advokasi perlu diperkuat, agar masyarakat tidak kaget apabila muncul transformasi teknologi baru lainnya.
(wur)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1297 seconds (0.1#10.140)