Nilai Lokal Bangsa Penentu Keberhasilan Penaggulangan Radikalisme

Rabu, 22 Februari 2017 - 21:05 WIB
Nilai Lokal Bangsa Penentu Keberhasilan Penaggulangan Radikalisme
Nilai Lokal Bangsa Penentu Keberhasilan Penaggulangan Radikalisme
A A A
JAKARTA - Pemerintah tidak bisa sendiri mencegah dan memerangi terorisme. Butuh keterlibatan semua pihak dalam melakukan upaya tersebut.

Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) Komjen Pol Suhardi Alius mengatakan, sinergitas seluruh komponen bangsa menjadi salah satu faktor penting untuk mencapai keberhasilan dalam menanggulangi terorisme. Dia menekankan, faktor keberhasilan dalam memerangi radikalisme dan terorisme adalah penguatan nilai-nilai lokal mencegah paham radikal.

Menurutnya, nilai-nilai budaya dan kearifan lokal merupakan penguat solidaritas dan kohesifitas masyarakat. "Masyarakat Indonesia yang majemuk pada umumnya merupakan mayoritas umat beragama dengan pandangan yang moderat," ujar Suhardi ketika membuka Rapat Kerja Nasional Forum Koordinasi Pencegahan Terorisme (Rakernas FKPT) di Jakarta, Selasa, 21 Februari 2017 malam.

Dia mengingatkan, aksi terorisme telah mewarnai perjalanan sejarah bangsa Indonesia sejak Orde Lama, hingga Orde Reformasi. Dia menuturkan, aktivitas kelompok teroris dengan aksi dan ancaman kekerasannya kerap menjadi hantu yang menakutkan bagi kedamaian masyarakat dan kedaulatan bangsa ini. (Baca: Wiranto Sebut ISIS Tetap Jadi Ancaman Serius)

“Tidak ada strategi tunggal karena kelompok teror selalu bergerak dinamis mengadaptasi perubahan lingkungan strategis baik lokal, nasional, maupun global,” tuturnya.
(kur)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3760 seconds (0.1#10.140)