Kriteria Ideal Calon Panglima TNI dan Tantangan Jelang Pemilu 2024

Senin, 21 Agustus 2023 - 05:24 WIB
loading...
A A A
Kedua, dia menjelaskan hal penting lainnya adalah bagaimana membangun kerja sama dengan berbagai potensi negara dan daerah dalam mencegah eskalasi ancaman separatisme di Papua. “Tugas TNI adalah memastikan isu dan ancaman kedaulatan negara di tanah Papua dapat dilakukan terutama dengan pendekatan dialogis dan keadilan serta kesejahteraan,” jelasnya.

Ketiga, dia menilai calon Panglima TNI harus mampu menghadapi potensi hot spot baru perang yang berpusat di Laut China Selatan ke depan. “Di mana sebagai negara strategis di kawasan Asia, Indonesia harus menyediakan diri sistem pertahanan bukan saja dalam skala defense aktif, tetapi juga dalam menghadapi ancaman regional dengan meningkatkan diplomasi pertahanan dan kerja sama antarmiliter kawasan,” ungkapnya.



“Dengan demikian, Presiden dan DPR perlu mencari sosok calon militer terbaik untuk menghadapi sejumlah isu-isu krusial tersebut,” pungkasnya.

Sementara itu, Anggota Komisi I DPR Christina Aryani mengakui pergantian Panglima TNI menjadi hak prerogatif Presiden. “Kami siap melakukan fit and proper pada siapa pun yang nantinya ditentukan Presiden,” kata Christina kepada SINDOnews.

“Walau menurut saya terlalu dini untuk membahas ini sekarang, baru bulan Agustus, masih ada banyak waktu bagi Presiden untuk memutuskan,” pungkas politikus Partai Golkar ini.

Kriteria Ideal Calon Panglima TNI dan Tantangan Jelang Pemilu 2024


Diberitakan sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) buka suara mengenai masa jabatan Panglima TNI Laksamana Yudo Margono dan Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Dudung Abdurachman. Kedua Pati TNI tersebut akan memasuki pensiun beberapa bulan lagi.

"Ya masih lama," kata Jokowi di Pasar Parungkuda, Sukabumi, Jumat (4/8/2023).

Karena masih cukup lama waktu pensiun, Jokowi pun enggan membocorkan siapa nama-nama yang akan menggantikan posisi keduanya. "Masih lama. Masih, masih November," kata Jokowi.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1011 seconds (0.1#10.140)