Inisiatif Luhut Temui Ma'ruf Amin, Dinilai Mengundang Kecurigaan Publik

Kamis, 02 Februari 2017 - 15:24 WIB
Inisiatif Luhut Temui Maruf Amin, Dinilai Mengundang Kecurigaan Publik
Inisiatif Luhut Temui Ma'ruf Amin, Dinilai Mengundang Kecurigaan Publik
A A A
JAKARTA -

Tanpa perintah Presiden Joko Widodo (Jokowi), Menteri Koordinator bidang Kemaritiman, Luhut Binsar Panjaitan‎ tadi malam menemui Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) KH. Ma'ruf Amin.

Direktur Eksekutif Voxpol Center, Pangi Syarwi Chaniago menduga kehadiran Luhut menemui Ma'ruf Amin terkait masalah isu percakapan antara Ma,ruf Amin dan Ketua Umum Partai Demokrat, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) yang kemudian disimpulkan SBY sebagai penyadapan‎.

Menurut Pangi, kehadiran Luhut menemui Ma'ruf dianggap mengundang 'kecurigaan' publik. Pasalnya, kapasitas Luhut yang membidangi Menteri Maritim tidak tepat untuk melakukan pertemuan itu.

"Siapa yang menjadi pemadam kebakarannya, paling tidak ini sudah membentuk peta politik bahwa posisi Luhut dan Polda Metro Jaya mendatangi ketua MUI," ujar Pangi saat dihubungi SINDOnews, Kamis (2/2/2017).

Pangi menilai, isu percakapan yang terungkap dalam persidangan kasus dugaan penistaan agama dengan terdakwa Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok dipandang tindakan ilegal, apalagi percakapan itu belum bisa dibuktikan kebenarannya.

Di samping itu, kata Pangi, adanya isu Penyadapan itu dinilai berbahaya bagi proses hukum di Indonesia. Dia khawatir, tindakan penyadapan bisa disalahgunakan oleh pihak-pihak tertentu untuk memenangkan salah satu kandidat Gubernur DKI Jakarta.

"Luhut paling tidak sudah terbaca posisinya di mana dalam pertarungan Politik pilkada DKI pasca menemui Ma'ruf Amin," tukasnya.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengaku mengetahui Luhut Binsar Panjaitan menemui Ma'ruf Amin. Namun, Jokowi menganggap pertemuan itu inisiatif pribadi Luhut. Bahkan, Jokowi menganggap inisiatif Luhut bertemu Ma'ruf dibolehkan demi kebaikan dan kepentingan negara.
(pur)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8961 seconds (0.1#10.140)