Ganjar Akui Pentingnya Dukungan Keluarga bagi Pemimpin

Minggu, 13 Agustus 2023 - 13:17 WIB
loading...
Ganjar Akui Pentingnya Dukungan Keluarga bagi Pemimpin
Bakal calon presiden (Bacapres) Ganjar Pranowo melihat dukungan keluarga menjadi faktor penting dalam sebuah kepemimpinan bagi seseorang, Minggu (13/8/2023). Foto/Widya Michella
A A A
JAKARTA - Bakal calon presiden (Bacapres) Ganjar Pranowo melihat dukungan keluarga menjadi faktor penting dalam sebuah kepemimpinan. Khususnya dalam mengemban amanah besar menduduki posisi penting dalam sebuah jabatan publik.

Pandangan ini diutarakan Ganjar saat sang anak, Muhammad Zinedine Alam Ganjar menggali pemikiran sang ayah, terkait seberapa pentingnya peran keluarga dalam sebuah kepemimpinan dalam jabatan publik.

Ganjar menceritakan kisahnya ketika maju dalam Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jawa Tengah, keluarga menjadi bagian terpenting untuk dimintakan pandangan sekaligus persetujuan untuk dirinya maju dalam kontestasi tersebut.

"Buat apa jabatan publik kalau keluarganya enggak mendukung, buat apa jabatan kalau orang sekitarnya cuek, buat apa kalau tidak ada dukungan sama sekali," kata Ganjar dikutip dari channel YouTube pribadinya, Minggu (13/8/2023).



Dengan dukungan itu, Ganjar meyakini, fungsi kontrol terhadap dirinya justru datang dari keluarganya. Di mana kepatutan dan kewajaran akan dilihat dan diingatkan terus dalam setiap tindakan yang dilakukan.

Oleh karenanya, ia menyatakan dengan tegas jika dukungan keluarga itu menjadi sebuah arti yang sangat penting bagi seorang pemimpin.

"Ketika kita menghadapi situasi yang sulit di luar dan keluarga mendukung, maju terus, yakin aku doain. Ya kayak Bunda setiap malam salat tahajud, doain gitu, atau Alam memberikan dukungan, itu energi yang luar biasa mengalahkan yang lain," ujarnya.

Dengan begitu Ganjar berpandangan, kekuatan seorang pemimpin itu tidak tunggal. Jika pemimpin itu merasa kekuatan itu datang dari dirinya sendiri, maka bisa saja pemimpin itu akan bertindak semuanya sendiri.

"Kalau dia terkena benturan biasanya dia akan jatuh dan sendirian. Maka value di dalam keluarga menjadi penting," pungkasnya.
(maf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1624 seconds (0.1#10.140)