Pengamat Minta Penyelenggara Pemilu Evaluasi Strategi Mitigasi

Selasa, 08 Agustus 2023 - 23:34 WIB
loading...
A A A
Rasminto pun menyoroti proses rekrutmen Bawaslu dan KPU di Papua. Ia berpendapat, KPU dan Bawaslu harus memperhatikan rekam jejak calon selain memperhatikan hasil tes.

"Pimpinan KPU dan Bawaslu RI selain memperhatikan sisi integritas dan kompetensi calon, harus dilihat juga sisi ketokohan dan rekam jejak dari keterlibatan kelompok separatis yang merongrong kedaulatan NKRI. Sebab, dari sinilah akar utama permasalahan papua kerap terjadi," paparnya.

Rasminto melanjutkan, langkah tersebut juga bagian dari mitigasi risiko agar masalah gangguan keamanan dapat dihindari. Apalagi, krisis pangan dan kekeringan yang sedang terjadi di Papua Tengah dapat dijadikan dalih bagi pihak tidak bertanggung jawab untuk mengancam pelaksanaan pemilu.

"Penyelenggara pemilu jangan anggap sepele permasalahan gangguan keamanan di Yahukimo yang diklaim dilakukan oleh kelompok TPNPB, apalagi dengan situasi krisis pangan dan kekeringan di wilayah Papua Tengah yang diprediksi hingga November 2023 hal ini tentu akan menambah pelik persoalan penyelenggaraan Pemilu 2024 di Papua," pungkasnya.
(abd)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1251 seconds (0.1#10.140)