Menebak Kans Khofifah Indar Parawansa Jadi Cawapres di Pilpres 2024

Selasa, 08 Agustus 2023 - 11:10 WIB
loading...
A A A
Sementara itu, berdasarkan hasil survei Indikator Politik Indonesia yang dilakukan pada 20-24 Juni 2023, posisi Khofifah di urutan ke-5 dengan elektabilitas 6 persen dalam simulasi 17 nama.

Ketika dikerucutkan menjadi lima nama, Khofifah berada di urutan paling buncit dengan elektabilitas 9,8 persen.

Lalu, bagaimana peluang Khofifah jadi cawapres?


Direktur Eksekutif Lembaga Survei dan Polling Indonesia (SPIN) Igor Dirgantara menilai peluang Khofifah jadi cawapres di Pilpres 2024 cukup besar. Dia mengungkapkan lima alasannya.

“Pertama, segmentasi perempuan. Khofifah bisa jadi representasi pemilih perempuan yang jumlahnya sangat besar. Dalam perhelatan Pemilu di Indonesia, jumlah pemilih perempuan lebih banyak sekitar kurang lebih 125 ribu dibanding pria,” kata Igor kepada SINDOnews, Selasa (8/8/2023).

Dia menuturkan, perempuan juga punya loyalitas dan partisipasi politik yang lebih baik dibandingkan pemilih pria dalam menggunakan hak pilihnya. “Tingkat kemantapan pemilih perempuan juga tinggi tembus sampai 61 persen,” tuturnya.

Kedua, kata dia, Khofifah adalah NU yang merupakan ormas keagamaan terbesar di Indonesia. Dalam pemilu di Indonesia, lanjut dia, kandidat berlatar belakang NU kerap terpilih menjadi sosok cawapres.

“Sebut misalnya Hamzah Haz, Hasyim Muzadi, dan Ma’ruf Amin. NU selalu menjadi salah satu organ terpenting untuk mendulang suara dalam pemilu,” ucapnya.

Ketiga, tentang Jawa Timur. “Khofifah adalah gubernur Jawa Timur yang wilayahnya memiliki jumlah pemilih terbanyak kedua setelah Jawa Barat dalam DPT (daftar pemilih tetap, red) untuk Pemilu 2024, yaitu 31.402.242 orang dengan 120.666 TPS,” tuturnya.

Keempat, faktor elektabilitas. “Sebagai cawapres 2024, Khofifah punya elektabilitas di kisaran 10-15 persen. Sudah cukup bagus untuk bisa membantu meningkatkan suara siapapun pasangan capresnya,” kata Igor.

Kelima, dia menuturkan bahwa hambatan Khofifah untuk bisa maju sebagai cawapres 2024 terletak pada restu dari PBNU, Cak Imin, dan keinginannya untuk kembali mencalonkan diri sebagai gubernur Jawa Timur untuk yang kedua kali di pemilu serentak tahun depan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3178 seconds (0.1#10.140)