alexa snippet

Pemerintah Diminta Tak Berlebihan Sikapi Berita Hoax

Pemerintah Diminta Tak Berlebihan Sikapi Berita Hoax
Politikus PDIP, Effendi Simbolon tengah memegang mic. Foto/Okezone
A+ A-
JAKARTA - Anggota Komisi I DPR Effendi Simbolon mengatakan, masyarakat dan pemerintah tidak perlu berlebihan dalam menyikapi fenomena berita bohong alias hoax.

Menurut Effendi, fenomena berita hoax akan berlangsung sementara, sebagai buntut dari kegemaran masyarakat menggunakan internet.

"Kita baru menikmati masa enjoy, narsis, pakai media sosial. Pada waktunya nanti, manusia akan terbentur dan melakukan refleksi," kata Effendi dalam diskusi Polemik Sindotrijaya di Cikini, Jakarta Pusat, Sabtu (7/1/2016).

Agar peredaran berita hoax di internet tidak merugikan, politikus Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) ini meminta pemerintah mengeluarkan regulasi yang mengontrol penggunaan internet.

"Pemerintah punya otoritas mengelola jaringan, pemerintah bisa kontrol. Tapi, pemerintah tak bisa atur orang bicara di dunia maya," kata Effendi.

Effendi pun meminta pemerintah bertindak tegas kepada penyebar berita hoax, jika hal tersebut mengancam kedaulatan negara.

"Kalau unsurnya mengancam negara, hukum harus ditegakkan. Dunia maya hanya instrumen. Kita tak perlu pusing," kata Effendi.



(mhd)
loading gif
Top