Mengapa Ada Kemiskinan?

Senin, 31 Juli 2023 - 07:42 WIB
loading...
Mengapa Ada Kemiskinan?
Candra Fajri Ananda, Staf Khusus Menteri Keuangan RI. Foto/Dok. SINDOnews
A A A
Candra Fajri Ananda
Staf Khusus Menteri Keuangan RI

KEMISKINAN merupakan masalah yang kompleks dan tak mudah dalam penanggulangannya. Kemiskinan dapat terjadi karena kondisi alamiah dan ekonomi, kondisi struktural dan sosial, serta kondisi kultural (budaya).

Kemiskinan alamiah dan ekonomi timbul akibat keterbatasan sumber daya alam, manusia, dan sumberdaya lain sehingga peluang produksi relatif kecil dan tidak dapat berperan dalam pembangunan. Kemiskinan struktural dan sosial disebabkan hasil pembangunan yang belum merata, tatanan kelembagaan dan kebijakan dalam pembangunan.

Di sisi lain, kemiskinan kultural (budaya) disebabkan sikap atau kebiasaan hidup yang merasa kecukupan sehingga menjebak seseorang dalam kemiskinan. Penyebab timbulnya kemiskinan berasal dari dalam dan dari luar penduduk miskin.

Penyebab dari dalam diantaranya rendahnya kualitas sumber daya manusia dan sikap individu tersebut, sedangkan penyebab dari luar adalah keterbatasan sumber daya alam, tatanan sosial dan kelembagaan dalam masyarakat, kebijakan pembangunan, kesempatan kerja yang terbatas dan persaingan yang menyebabkan termarjinalkannya penduduk miskin.

Kemiskinan kerap menjadi salah satu masalah terbesar yang belum mampu terselesaikan secara tuntas di dunia hingga saat ini. Artinya, kemiskinan masih tetap ada di berbagai dunia, termasuk di negara-negara besar sekalipun.

Hampir tidak ada negara di belahan dunia yang bebas dari penduduk miskin, meskipun negara tersebut tergolong maju. Pembedanya adalah hanya ukuran penduduk dari masing-masing negara tersebut masuk dalam kategori individu yang tergolong miskin atau tidak.

Indonesia dalam mengukur penduduk miskin menggunakan dua pendekatan, yakni pendekatan pertama ialah kemiskinan yang mengacu pada garis kemiskinan (GK) dan pendekatan yang kedua ialah melalui unit rumah tangga. Di mana dilakukan pencatatan dengan cara sensus dan menentukan Rumah Tangga Miskin (RTM) dengan menggunakan 14 indikator.

Secara eksplisit kemiskinan sebetulnya bukan hanya menunjukkan rendahnya pendapatan seseorang, sehingga yang bersangkutan tidak mampu memenuhi kebutuhan dasar makanan.

Secara mikro, kemiskinan muncul akibat adanya ketidaksamaan pola kepemilikan sumber daya yang menimbulkan distribusi pendapatan yang timpang. Penduduk miskin hanya memiliki sumber daya dalam jumlah terbatas dan kualitasnya rendah.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1918 seconds (0.1#10.140)