Afrika Masa Depan Pertumbuhan Indonesia?

Senin, 17 Juli 2023 - 05:26 WIB
loading...
A A A
baca juga: Indonesia dan Ethiopia Bangun Kerja Sama Pariwisata

Jokowi kemudian mengungkapkan keprihatinannya atas semakin lebarnya kesenjangan pembangunan antarnegara, dan pencapaian targetsustainable development goals, SDGs yang lamban. Menurut dia, kondisi tersebut tidak boleh terus berlanjut, apalagi menjadi norma baru. Untuk itulah, Jokowi mengajak Indonesia dan Afrika bersepakat memperkuat solidaritas demi memperbaiki keadaan kawasan dan dunia, dan mengubah ketidakpastian menjadi kepastian.

Lebih jauh Jokowi menekankan perang dagang harus dilawan dengan mengedepankan keterbukaan dan integrasi ekonomi; dan nasionalisme sempit harus dilawan dengan solidaritas global dan multilateralisme. “Kemitraan setara yang saling menguntungkan. Kemitraan selatan-selatan, perlu terus kita dorong. Artinya hanya ada satu kunci agar kita mampu bertahan menghadapi gejolak arus global, yaitu persatuan,” kata Presiden Jokowi.

Jokowi sekali lagi meyakinkan, jika bisa bersatu Indonesia dan Afrika adalah kekuatan besar. Jika bersatu Indonesia dan Afrika dapat mewujudkan mimpi-mimpi kemajuan. Jika bersatu Indonesia dan Afrika dapat melompat lebih tinggi bahkan berkali-kali lipat. “Indonesia siap dan sangat-sangat senang bekerja sama dengan saudara-saudara kami di Afrika. Saya ingin pastikan dan tekankan, Indonesia adalah teman yang terpercaya.Indonesia is your true partner, your trusted friend,”ujar Jokowi.

Capaian dan Perkembangan

Sejarah panjang hubungan Indonesia dengan negara-negara Afrika telah membentuk rasa saling percaya dan kerja sama di berbagai sektor, termasuk perekonomian. Untuk hubungan perekonomian, Afrika merupakan pasar non-tradisional bagi Indonesia, dengan nilai ekonomi yang tentu lebih rendah dibanding pasar tradisional Indonesia, seperti Amerika Serikat, Uni Eropa, dan negara-negara Asia.

baca juga: Perguruan Tinggi Indonesia-Ethiopia Tingkatkan Kerja Sama

Kendati demikian, kerja sama perekonomian yang telah terjalin terbilang cukup bagus, mulai dari perdagangan, manufaktur, infrastruktur, perkebunan, hingga penjualan alutsista seperti pesawat terbang. Sektor manufaktur misalnya, sejumlah perusahaan nasional sudah menanamkan modalnya di beberapa negara Afrika. Perusahaan paling populer tak lain adalah Indomie .

Sejak 1995 perusahaan milik Salim Grup itu sudah memiliki tiga pabrik di Nigeria dan satu di Mesir. Di Ethiopia tercatat ada PT PT Sumber Bintang Rejeki melalui Sumbiri Intimate Apparel Plc dan sejumlah perusahaan lain. Sedangkan di Afrika Selatan, Pan Brother, Tbk mendirikan pabrik bersama perusahaan setempat.

Untuk bidang infrastruktur, PT WIKA pernah menggarah tiga proyek baru di Afrika dengan nilai mencapai USD356 juta atau sekitar Rp4,98 triliun. Ketiga proyek dimaksud adalah pelabuhan terminalliquid(bulk liquid terminal) di Zanzibar, Tanzania senilai USD40 juta; pembangunan kawasan bisnis terpadu (mixed used complex- Goree Tower) di Senegal (USD250 juta); pembangunan rumah susun (social housing) di Pantai Gading (USD66 juta). Pada akhir 2022, BUMN yang sama juga menggarap energi baru terbaruka dan mengekspor motor listrik GESITS ke Afrika.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1645 seconds (0.1#10.140)