6 Brevet Koleksi Letjen TNI Teguh Muji Angkasa, 4 Didapat dari Korps Baret Merah

Minggu, 16 Juli 2023 - 04:59 WIB
loading...
A A A
Selain itu, Brevet Para Utama merupakan tanda kemahiran atau kualifikasi yang diberikan oleh Korps atau angkatan kepada seseorang atas usaha dan jerih payahnya mengikuti pendidikan dan latihan pada bidang atau spesialisasi tertentu.

3. Brevet Pandu Udara (Pathfinder)


Pathfinder adalah unit pasukan kecil yang diterjunkan ke daerah musuh sebelum pasukan utama diterjunkan. Pathfinder harus mampu membaca kondisi daerah pendaratan, mencari titik penerjunan, membuat tanda, mengamankan, dan melaporkannya.

Pada dasarnya Pathfinder merupakan unit satuan kecil yang diterjunkan ke suatu daerah sebelum pasukan utama. Sehingga kualifikasi yang musti terpenuhi ialah mampu membaca medan dan mencari titik penerjunan hingga melaporkan.

4. Brevet Airborne


Brevet ini diberikan kepada pasukan Lintas Udara atau Linud yang merupakan suatu satuan militer dari Angkatan Darat yang biasanya terdiri dari infanteri ringan. Dimana satuan ini dibentuk untuk bisa dikirim ke medan pertempuran melalui pesawat terbang dan terjun menggunakan parasut untuk mendarat di dalam kawasan musuh dan melakukan penyerangan.

Oleh karenanya, satuan ini biasanya ditempatkan di belakang garis pertahanan musuh, dimana pasukan jenis ini juga memiliki kemampuan untuk menyebar hampir di wilayah manapun tanpa diketahui oleh musuh. Besarnya formasi pasukan ini hanya dibatasi oleh jumlah dan ukuran dari pesawat yang digunakan untuk menurunkannya.

5. Brevet Anti Teror (Kehormatan)


Teguh Muji Angkasa menerima Brevet Anti Teror dari Satuan-81 Kopassus ketika menjabat sebagai Danjen Kopassus pada Desember 2021 lalu. Dengan pemberian berevet tersebut, dia diangkat menjadi warga kehormatan Satuan-81 Kopassus.

Satuan 81 Kopassus atau dulunya lebih dikenal sebagai SAT-81/Gultor merupakan satuan di Kopassus yang setingkat dengan Grup dan merupakan prajurit terbaik dari seluruh Prajurit TNI AD bermarkas di Cijantung, Jakarta Timur.

6. Brevet Terjun Bebas Militer (Kehormatan)

Bervet ini disematkan ke Teguh Muji Angkasa ketika menjadi Danjen Kopassus di Kopassus Indoor Skydiving Center Pusdiklatpassus Kopassus Batujajar, Bandung, pada Jumat 28 Januari 2022. Penyematan kala itu dilakukan oleh Danpusdiklatpassus Kopassus Brigjen TNI Thevi A Zebua.



Dia mengatakan kemampuan Terjun Bebas Militer ini harus dimiliki oleh setiap prajurit Kopassus. Pasalnya, Kopassus melakukan tugas-tugas khusus, khususnya saat prajurit Kopassus melakukan infiltrasi. Menurutnya, sarana yang paling efektif melakukan infiltrasi melalui udara dalam hal ini Terjun Bebas Militer.
(kri)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2022 seconds (0.1#10.140)