6 Brevet Koleksi Letjen TNI Teguh Muji Angkasa, 4 Didapat dari Korps Baret Merah

Minggu, 16 Juli 2023 - 04:59 WIB
loading...
6 Brevet Koleksi Letjen TNI Teguh Muji Angkasa, 4 Didapat dari Korps Baret Merah
Letjen TNI Teguh Muji Angkasa merupakan salah satu Pati TNI AD yang menyandang bintang tiga. Hal itu dia dapatkan ketika ditunjuk menjadi Danpusterad. Foto/Dok TNI AD
A A A
JAKARTA - Letjen TNI Teguh Muji Angkasa merupakan salah satu Pati TNI AD yang menyandang bintang tiga. Hal itu dia dapatkan ketika ditunjuk menjadi Komandan Pusat Teritorial Angkatan Darat (Danpusterad).

Penunjukan Teguh sebagai Danpusterad tertuang dalam Surat Keputusan Panglima TNI Nomor Kep/700/VII/2022 tentang Pemberhentian dari dan Pengangkatan Dalam Jabatan di Lingkungan Tentara Nasional Indonesia. Dalam SK tertanggal 29 Juli 2022 tersebut, secara keseluruhan terdapat 113 perwira yang dimutasi.



Teguh menggantikan Letjen TNI Teguh Arief Indratmoko yang kini dipercaya sebagai Danjen Akademi TNI. Sebelum menjabat Danpusterad, Teguh mengamban amanat sebagai Panglima Komando Daerah Militer (Pangdam) XVII/Cenderawasih.

Dia merupakan abituren atau lulusan Akademi Militer (Akmil) 1989 dari kecabangan infanteri Kopassus. Karier militer pria kelahiran Madiun, Jawa Timur, 11 Juni 1967 ini cukup mentereng.

Ketika pecah bintang menjadi Brigjen, Teguh menempati sejumlah posisi penting yakni Wadanjen Kopassus (2016-2017), Danrem 161/Wira Sakti (2017-2018), Kasdam IV/Diponegoro (2018-2020), Pa Sahli Tk II KSAD Bidang Was Eropa dan Amerika (2020).

Naik pangkat menjadi Letjen, Teguh dipercaya menjadi Pa Sahli Tk III KSAD Bidang Polkamnas (2020-2021), Dosen Universitas Pertahanan (2021), Danjen Kopassus (2021-2022), dan Pangdam XVII/Cenderawasih (2022).

Karier militernya semakin bersinar ketika ditunjuk mengisi posisi Danpusterad. Promosi jabatan Teguh menjadikannya sebagai lulusan Lembah Tidar angkatan 1989 yang menembus bintang 3. Teguh mengikuti jejak Komandan Kodiklat TNI Letjen TNI Eko Margiyono yang lebih dulu memiliki tiga bintang emas di pundak.

Tidak hanya jabatan moncer yang diraihnya, Teguh Muji Angkasa juga telah banyak meraih penghargaan berupa tanda jasa maupun brevet sepanjang kariernya di militer.

Berikut deretan brevet koleksi Letjen TNI Teguh Muji Angkasa:

1. Brevet Komando


Brevet ini disandang oleh prajurit yang telah menyelesaikan pendidikan komando Kopassus selama tujuh bulan. Dalam jangka waktu tersebut terdapat beberapa kualifikasi yang harus dipenuhi. Brevet ini memiliki empat elemen di dalamnya, yakni tulisan Komando, pisau komando, jangkar, dan api membara.

Atribut ini diberikan kepada prajurit TNI yang telah menyelesaikan pendidikan komando di Pusdiklatpassus, Batujajar, Bandung, Jawa Barat. Pendidikan yang berlangsung selama tujuh bulan ini meliputi pendidikan dasar, pelatihan di hutan, gunung, rawa, dan laut.

2. Brevet Para Utama


Brevet Para Utama merupakan bentuk penghargaan Kopassus atas peningkatan kerja sama yang telah dilakukan selama ini dalam membina dan meningkatkan kemampuan di bidang keparaan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1671 seconds (0.1#10.140)