Jokowi Cerita Presiden Negara Lain Bingung Urus Indonesia: 17 Ribu Pulau Butuh Infrastruktur

Sabtu, 15 Juli 2023 - 23:28 WIB
loading...
Jokowi Cerita Presiden Negara Lain Bingung Urus Indonesia: 17 Ribu Pulau Butuh Infrastruktur
Presiden Joko Widodo (Jokowi) hadir dalam Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Arus Bawah Jokowi (ABJ) di Bogor, Sabtu (15/7/2023). Foto/MPI
A A A
JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) hadir dalam Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Arus Bawah Jokowi (ABJ) di Bogor, Sabtu (15/7/2023). Dalam sambutannya, Jokowi sempat menyatakan bahwa Presiden negara lain kerap bingung untuk mengurus Indonesia.

Awalnya Jokowi bercerita bagaimana Indonesia merupakan negara yang besar. Indonesia juga memiliki penduduk yang amat banyak.



“Kita ini 17 ribu pulau, semuanya butuh infrastruktur, butuh jalan, pelabuhan, minta airport. Semuanya harus ada sekolah, rumah sakit atau puskesmas,” ujar Jokowi dalam sambutannya, Sabtu (15/7/2023).

Jokowi kemudian mengatakan bahwa Presiden lain bahkan bertanya bagaimana mengurus negara sebesar itu. Menurutnya, pemimpin dunia juga mengakui rumitnya manajemen negara di Indonesia.

“Presiden lain kalau tanya ke kita itu bingung juga ‘gimana itu kerja Jokowi gimana ini’. Kan itu kebutuhan dasar kita, sekolah, rumah sakit atau puskesmas. Yang lain satu daratan enak banget, lah kita ini 17 ribu pulau,” ungkap Jokowi.

Oleh karenanya, mantan Wali Kota Solo ini lantas meminta agar pemimpin Indonesia ke depan mau bekerja di tengah kerumitan tersebut. Apalagi, tambah Jokowi, masalah di Indonesia masih banyak sekali.



“Sehingga pemimpin ke depan harus mau untuk bekerja untuk menyelesaikan kerumitan-kerumitan yang ada dengan manajemen negara yang baik. Jangan enak-enakan duduk di Istana, enak banget itu. AC-nya dingin, kursinya empuk, makanan banyak, enak, bukan itu. Karena masalah yang kita hadapi ini sangat-sangat banyak sekali,” tutupnya.
(kri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1165 seconds (0.1#10.140)