Bacaan dan Tempat

Sabtu, 15 Juli 2023 - 07:32 WIB
loading...
A A A
Nasib berbeda dengan Neil Gaiman. Matilda rakus buku di perpustakaan. Ia pun sosok bermasalah di rumah dan sekolah. Buku membuat ia girang dan “mengurangi” petaka-petaka di hadapan kaum bebal dan kaum marah.

baca juga: Seribu Cinta, Seribu Buku, MNC Peduli dan Sekolah Regina Pacis Jakarta Gelar Donasi Buku

Neil Gaiman (saat bocah) dan Matilda membaca buku-buku edisi cetak. Di tangan, pangkuan, atau meja, buku itu kertas-kertas dijilid. Kenikmatan membaca buku sambil memberi amatan atas penampilan buku.

Julian Baggini memberi kabar terbaru: “Memilih buku untuk dibawa berlibur jadi makin sulit beberapa tahun belakangan. Sekarang pertanyaannya bukan cuma apa yang mau dibaca, tapi bagaimana membacanya–di kertas, tablet, e-reader, atau malah handphone–dan tiap orang punya pendirian soal mana yang terbaik.”

Roald Dahl tak pernah memunculkan adegan Matilda membaca buku di tablet. Bocah itu bersama buku-buku di rak. Pada saat membaca, ia berhadapan kertas. Kini, masalah buku makin dipermasalahkan dengan ribut-ribut dan argumentasi-argumentasi mudah patah gara-gara kertas dan elektronik.

Kita merindu menjadi Neil Gaiman atau Matilda. Zaman sudah berubah. Posisi diri di rumah atau perpustakaan tak lagi harus dipikirkan seperti masa lalu. Buku-buku tak selalu di rak atau lemari. Katalog tak cuma di kartu-kartu. Tubuh sedang membaca tanpa kewajiban di tangan tampak buku.

baca juga: Membaca Buku Dunia dan Indonesia

Kita bertambah masalah bila membuka buku berjudul 21 Lessons: 21 Adab untuk Abad 21 (2018) garapan Yuval Noah Harari. Ia bercerita bukan sebagai pengunjung perpustakaan atau pembaca buku di rumah. Cerita cukup mengejutkan sebagai penulis buku: “Ketika saya menerbitkan buku, penerbit meminta saya untuk menulis deskripsi singkat yang mereka gunakan untuk publikasi daring. Tetapi, mereka memilih pakar khusus, yang menyesuaikan apa yang saya tulis dengan selera algoritma Google .”

Kita sedang mendapat pengakuan tentang penulisan dan penerbitan buku tak lagi sama dengan puluhan tahun lalu. Yuval tetap memastikan buku-buku itu mendapat pembeli dibawa masuk rumah dan perpustakaan. Wujud buku pun bukan sekadar edisi kertas. Begitu.

Judul : Kenapa Masa Depan Kita Bergantung pada Perpustakaan,
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2365 seconds (0.1#10.140)