Profil Laksana Tri Handoko, Fisikawan Teori Indonesia yang Jabat Kepala BRIN

Jum'at, 14 Juli 2023 - 08:22 WIB
loading...
Profil Laksana Tri Handoko, Fisikawan Teori Indonesia yang Jabat Kepala BRIN
Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Laksana Tri Handoko. FOTO/DOK.KORAN SINDO
A A A
JAKARTA - Laksana Tri Handoko merupakan seorang fisikawan Indonesia yang berfokus pada penelitian teori fisika partikel. Saat ini dia menjabat sebagai Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) .

Tri Handoko resmi dilantik menjadi Kepala BRIN oleh Presiden Joko Widodo pada 28 April 2021. Sebelum itu, doktor lulusan Hiroshima University ini pernah berkarier di Jerman dan Korea Selatan.

Profil Lengkap Laksana Tri Handoko

Laksana Tri Handoko merupakan pria kelahiran Kota Lawang, Malang, Jawa Timur pada 7 Mei 1968. Ia menyelesaikan pendidikan menengah atasnya pada 1987.

Setelah itu, Handoko melanjutkan studi ke Jepang sebagai karyasiswa pemerintah Indonesia di bawah program OFP IV dari Kementerian Negara Riset dan Teknologi RI di era BJ Habibie.

Sebelumnya ia diketahui sempat mengenyam bangku kuliah di Jurusan Fisika Institut Teknologi Bandung (ITB) selama beberapa bulan. Kemudian ia meninggalkan Indonesia untuk melanjutkan studi ke Kumamoto University, Jepang.



Pada 1993, ia melanjutkan ke program master di Hiroshima University. Handoko mendapatkan gelar doktor pertama di bidang teori fisika partikel atau fisika energi tinggi pada 1998.

Tak cukup sampai di situ, pria yang dikenal dengan nama LTH ini kemudian melanjutkan karier sebagai peneliti di lembaga-lembaga penelitian dunia, seperti The Abdus Salam International Center for Theoretical Physics ICTP di Trieste Italia.

LTH juga pernah berkarier di Deutsches Elektronen-Synchroton (DESY) di Hamburg Jerman, serta melanjutkan di Department of Physics - Yonsei University di Korea Selatan.

Laksana Tri Handoko juga merupakan penerima Humboldt Fellow sejak 1999 dan juga ICTP Simons Associate periode 2014 hingga 2019.

Sebagai seorang peneliti, Laksana Tri Handoko banyak berkiprah di Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), khususnya di Pusat Penelitian Fisika. Ia juga merupakan pionir penelitian di bidang pengetahuan lanjut dengan membangun Grup Fisika Teoritik dan Komputasi.

Laksana Tri Handoko adalah sosok yang aktif menciptakan inovasi untuk kemajuan bangsa. Melalui BRIN ia memiliki visi untuk membangun ekosistem riset dan inovasi yang lebih baik bagi Indonesia. LTH juga memiliki misi untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia, infrastruktur dan tata kelola riset dan inovasi.

Selama meniti karier sebagai seorang peneliti, LTH telah mendapatkan beberapa penghargaan nasional dan internasional. Di antaranya seperti PII Adidarma Profesi Award, Penemuan Baru yang Bermanfaat bagi Negara (PB3N), Anugerah Kekayaan Intelektual Luar Biasa, 101 Inovasi Paling Prospektif, Satyalancana Wira Karya, Achmad Bakrie Award, Habibie Award, dan Peneliti Muda Indonesia.
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1320 seconds (0.1#10.140)