IGCN Beri Penghargaan 16 Tim Inovator Muda SDGI 2024

Jum'at, 26 Juli 2024 - 00:30 WIB
loading...
IGCN Beri Penghargaan...
IGCN menggelar Indonesia Awarding Ceremony SDG Innovation Accelerator for Young Professionals 2024 di Grand Ballroom BRIN, Jakarta, Kamis (25/7/2024). FOTO/IST
A A A
JAKARTA - Indonesia Global Compact Networks (IGCN) menggelar Indonesia Awarding Ceremony SDG Innovation Accelerator for Young Professionals 2024 di Grand Ballroom BRIN, Jakarta, Kamis (25/7/2024). Acara penghargaan ini digelar untuk mengapresiasi kontribusi dan pencapaian luar biasa dari 16 tim inovator muda yang terlibat dalam SDG Innovation Accelerator for Young Professionals (SDGI) 2024.

Kegiatan yang dibuka oleh Perekayasa Ahli Utama di Bidang Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), Gatot Dwianto dihadiri oleh berbagai pemangku kepentingan, termasuk CEO perusahaan anggota IGCN, agen pemerintah, perwakilan PBB, serta tokoh-tokoh penting dari dunia bisnis, dan akademisi. Acara ini tidak hanya menjadi ajang untuk merayakan kesuksesan para inovator muda, tetapi juga sebagai platform interaktif untuk berbagi pengalaman dan membangun jaringan kolaboratif yang lebih kuat.

Dalam sambutannya, Gatot Dwianto menilai program SDGI memberikan peluang besar bagi pengembangan bakat dan keterampilan generasi muda di bidang riset dan inovasi, yang sangat penting untuk masa depan pembangunan berkelanjutan di Indonesia.

"Melalui inisiatif ini, BRIN berkomitmen untuk memastikan bahwa hasil riset dan inovasi dari para peneliti dan inovator di Indonesia dapat didorong dengan sukses, memberikan manfaat nyata bagi masyarakat dan perekonomian negara," kata Gatot dalam keterangan tertulis, Kamis (25/7/2024).

Direktur Eksekutif IGCN Josephine Satyono menyampaikan, program SDGI for Young Professionals 2024 bertujuan untuk mempercepat pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs) melalui pemberdayaan dan pelatihan profesional generasi muda dari seluruh perusahaan yang menjadi anggota Indonesia Global Compact Network.

"Program ini melibatkan berbagai stakeholder dari sektor swasta, pemerintah, akademisi, dan masyarakat sipil untuk memastikan pendekatan yang holistik dan komprehensif dalam mencapai target SDGs," katanya.

Sementara itu, UN Resident Coordinator in Indonesia, Gita Sabharwal menyampaikan, Program SDGI Accelerator for Young Professionals sangat penting dalam memajukan SDGs di Indonesia dan secara global. Dengan 62% indikator SDG Indonesia yang telah mencapai target, kontribusi para inovator muda dapat secara signifikan mempercepat kemajuan melalui solusi kreatif dan teknologi baru. Upaya mereka akan mendukung pengurangan emisi, transformasi industri hijau, dan pertumbuhan inklusif, yang pada akhirnya menjembatani kesenjangan geografis dan sosial.

"Harapannya, para inovator muda terus berinovasi dan memanfaatkan pengetahuan serta jaringan dari program ini untuk menciptakan perubahan positif di komunitas," katanya.

Perwakilan dari Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas), Pungkas Bahjuri Ali menambahkan, unsur ekonomi, sosial, dan lingkungan dapat menjadi sumber inovasi dari perusahaan untuk memberikan dampak kepada masyarakat. Ali mengapresiasi IGCN dan seluruh inovasi yang sudah dirancang oleh para inovator yang telah berkaitan dengan 3 unsur tersebut.

"Ini merupakan contoh nyata untuk mencapai akselerasi yang inovativ, solutif dan tidak konvensional agar dapat memberikan dampak yang terukur dan nyata kepada masyarakat," katanya.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1404 seconds (0.1#10.140)