Jokowi Ungkap Semua Jurus Termasuk Upaya Bawah Tanah Dilakukan untuk Bebaskan Pilot Susi Air

Rabu, 12 Juli 2023 - 13:41 WIB
loading...
Jokowi Ungkap Semua Jurus Termasuk Upaya Bawah Tanah Dilakukan untuk Bebaskan Pilot Susi Air
Presiden Joko Widodo (Jokowi) tak mau berbicara banyak mengenai upaya membebaskan pilot Susi Air Kapten Philip Mark Mehrtens yang disandera oleh Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB). Foto/Dok SINDOnews/Raka Dwi Novianto
A A A
JAKARTA - Presiden Joko Widodo ( Jokowi ) tak mau berbicara banyak mengenai upaya membebaskan pilot Susi Air Kapten Philip Mark Mehrtens yang disandera oleh Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB). Yang pasti, kata Jokowi, semua jurus dilakukan untuk membebaskan pilot asal Selandia Baru itu.

"Kita memang tidak mau berbicara banyak karena upaya-upaya kita tidak bisa kita sampaikan pada publik. Semua sudut, semua jurus kita gunakan agar upaya yang kita lakukan betul-betul nanti titik akhirnya menghasilkan sesuatu," kata Jokowi kepada wartawan di Nyoman Nuarta Gallery, Bandung Barat, Rabu (12/7/2023).

Kendati demikian, Jokowi tidak mau membeberkan apa saja jurus yang dilakukan pemerintah Indonesia. "Tapi enggak bisa saya sampaikan karena memang upaya itu, ada upaya bawah tanah, maupun upaya atas tanah," kata Jokowi.





Diberitakan sebelumnya, Kapolda Papua Irjen Mathius Fakhiri membenarkan bahwa KKB pimpinan Egianus Kogoya tak pernah meminta uang tebusan Rp5 miliar untuk pembebasan pilot Susi Air Kapten Philip Mark Mehrtens.

Mathius Fakhiri menjelaskan bahwa pada saat pilot Susi Air disandera 7 Februari lalu, dirinya meminta Pemerintah Daerah Nduga untuk menyediakan dana jika kelompok bersenjata meminta uang tebusan untuk pembebasan sang pilot.

Namun belakangan diketahui, hingga kini kelompok teroris bersenjata itu tak pernah meminta uang tebusan. “Hingga saat ini proses negosiasi dengan kelompok bersenjata masih terus diupayakan dengan melibatkan pemerintah daerah, tokoh masyarakat dan keluarga Egianus Kogoya,” ujarnya di Jayapura, Senin (10/7/2023).
(rca)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1124 seconds (0.1#10.140)