Pemilu 2024 dan Pentingnya Komitmen Melindungi Seluruh Warga Negara

Rabu, 12 Juli 2023 - 12:22 WIB
loading...
A A A
Oleh karena itu, sambil mendorong investasi dan kerja sama dengan Tiongkok, pemerintah Indonesia perlu memastikan bahwa proyek-proyek kerja sama ini sesuai dengan kebutuhan dan kepentingan pembangunan nasional, dan diawasi dengan ketat. Di samping itu, perlu ditingkatkan lagi pengembangan industri dan sumber daya manusia di dalam negeri untuk meningkatkan kapasitas dan daya saing Indonesia.

Baru-baru ini, kita mendengar lagi mantan Wakil Presiden Indonesia, Jusuf Kalla, menyebarkan data yang salah dan mempropagandakan klaim bahwa lebih dari 50% ekonomi Indonesia dikuasai oleh orang Tionghoa, dalam upaya memanipulasi sentimen anti-Tionghoa. Ujaran semacam ini dapat menyebabkan perpecahan sosial dan mendapatkan dukungan dari sebagian orang.

Selama pemilihan presiden yang akan datang pada tahun 2024, beberapa politisi mungkin akan menggunakan sentimen anti-Tionghoa untuk mendapatkan suara, namun tindakan semacam ini dipastikan tidak memiliki konsekuensi atau dampak negarif yang serius dan luas, karena kaum terdidik di Indonesia sudah semakin banyak dan mereka bisa membedakan mana yang propaganda politik dan mana yang merupakan fakta nyata.

Dalam tahun politik seperti saat ini, rumor politik dan penghasutan emosi dapat memperdalam perpecahan sosial, terutama dalam hal prasangka terhadap etnis maupun agama minoritas. Namun, pemerintah Indonesia bertanggung jawab untuk memimpin dan mencegah terjadinya situasi yang dapat menyebabkan konflik kekerasan dan dampak negatif, terutama terkait dengan perusahaan-perusahaan asal Tiongkok. Pemerintah harus berkomitmen untuk mempertahankan harmoni di dalam perbedaan suku, agama maupun budaya, menjaga prinsip keadilan dan kesetaraan, serta memastikan perlindungan hak-hak seluruh warga negara.

Indonesia adalah negara yang multietnis dan multiagama, membangun masyarakat yang harmonis membutuhkan upaya dari pemerintah dan keterlibatan seluruh masyarakat. Ini melibatkan pendidikan, memfasilitasi dialog, meningkatkan kesempatan saling memahami dan menghormati, serta mengimplementasikan langkah-langkah hukum dan kebijakan untuk melawan diskriminasi rasial dan ujaran kebencian. Memperhatikan kohesi sosial dan inklusi adalah elemen kunci dalam membangun masyarakat yang adilm damai dan stabil.

Dalam upaya menjaga kepentingan dan keamanan nasional, pengusaha Tiongkok dan pengusaha Tionghoa lokal tidak perlu khawatir dengan terulangnya kembali kerusuhan sosial terhadap etnis Tionghoa maupun asing, karena kerusuhan hanya akan terjadi jika didukung oleh ketidakstabilan pemerintah dan ketidaktegasan negara dalam menegakkan hukum yang berkeadilan sosial.

Dalam perspektif kepentingan dan keamanan nasional, pemerintah Indonesia akan berkomitmen untuk melindungi hak-hak semua pengusaha, tanpa memandang kewarganegaraan atau latar belakang etnis mereka. Pemerintah mengutamakan stabilitas sosial dan harmoni etnis, dan akan mengambil langkah-langkah untuk mencegah terjadinya konflik rasial.

Pengusaha Tiongkok dan pengusaha Tionghoa lokal meskipun tidak superior tetapi mereka tetap mendapat penghargaan dan perlindungan dari pemerintah Indonesia, serta kontribusi mereka sangat penting bagi pembangunan ekonomi dan sosial Indonesia. Pemerintah Indonesia akan memastikan keamanan nasional dan melindungi kepentingan negara, dan tindakan militer akan selaras dengan kebutuhan nasional, dan tidak terpengaruh atau dimanipulasi oleh kekuatan asing.
(zik)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.9021 seconds (0.1#10.140)