Jokowi Presiden Paling Disukai, Melebihi Soeharto dan Soekarno

Senin, 19 Juni 2023 - 17:18 WIB
loading...
A A A
Presiden yang disukai di segmen pilihan partai memperlihatkan kecenderungan yang menarik. Jokowi paling disukai di pemilih PDIP. Soeharto paling disukai di pemilih Golkar, Gerindra, Nasdem, PKS, PAN, PPP. SBY paling disukai di pemilih Partai Demokrat.

Dari segmen usia, Jokowi menjadi pilihan presiden paling disukai oleh masyarakat yang berusia 50 tahun ke bawah. Masyarakat yang berusia 50 tahun ke atas, presiden paling disukainya adalah Soeharto.

"Memori pemilih usia 50 tahun ke atas, yang lahir sebelum tahun 1973, masih dipesona oleh sisi kuat mantan Presiden Soeharto," kata Adjie.

Dari sisi capres 2024, Prabowo Subianto unggul di pemilih yang menyukai Jokowi, Soeharto, dan Gus Dur. Ganjar Pranowo unggul di pemilih yang menyukai Soekarno dan Megawati. Sementara Anies Baswedan unggul di pemilih yang menyukai SBY dan Habibie.

Dilihat dari teritori, Jokowi paling disukai oleh publik yang berada di Jawa, Sumatera, Kalimantan, Bali–NTB-NTT, dan Maluku–Papua. Sedangkan Soeharto paling disukai di masyarakat yang berada di Sulawesi.

"Di semua segmen masyarakat, praktis Jokowi dan Soeharto yang saling mengalahkan," katanya.

Menurut Adjie, Jokowi dan Soeharto bersaing ketat sebagai presiden yang paling disukai karena beberapa hal. Pertama, Jokowi presiden yang tengah menjabat, kedekatannya dengan rakyat terasa otentik dan masih segar dalam memori publik.

Kedua, di luar sisi negatifnya, peran Soeharto membangun ekonomi Indonesia, berdialog dengan rakyat kecil masih kuat dalam ingatan publik luas. Tak heran, Suharto lebih disukai dibandingkan semua presiden era reformasi: Habibie, Gus Dur, Mega dan SBY, kecuali Jokowi.

Ketiga, Bung Karno presiden sangat berjasa. Namun generasi yang hidup di era Bung Karno berkuasa semakin sedikit, sehingga Bung Karno kalah populer di kalangan mayoritas populasi yang memang tak mengalami leadership Bung Karno secara langsung.

"Keempat, presiden lain, di luar Jokowi, Soeharto dan Bung Karno, tetap di kenal tapi kalah kuat citranya sebagai presiden yang dekat dengan rakyat," kata Adjie.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1423 seconds (0.1#10.140)