Jokowi Presiden Paling Disukai, Melebihi Soeharto dan Soekarno

Senin, 19 Juni 2023 - 17:18 WIB
loading...
Jokowi Presiden Paling Disukai, Melebihi Soeharto dan Soekarno
Presiden Jokowi menyapa relawan saat menghadiri acara Gerakan Nusantara Bersatu: Satu Komando Untuk Indonesia di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Sabtu (26/11/2022). FOTO/ANTARA/Aprillio Akbar
A A A
JAKARTA - Presiden Joko Widodo ( Jokowi ) menjadi presiden paling disukai sepanjang sejarah kepemimpinan Republik Indonesia (RI). Persentase publik yang menyukai Jokowi melebihi enam presiden sebelumnya, termasuk Soekarno .

Hal ini terpotret dari hasil survei terbaru LSI Denny JA berjudul Dari Jokowi hingga Bung Karno dan Pilihan Capres 2024. Berdasarkan hasil survei itu Presiden Jokowi disukai oleh 35,1% publik Indonesia.

Di posisi keduanya, presiden yang paling disukai adalah Presiden Soeharto dengan 31,9%. Disusul Presiden Soekarno 10%, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) 9,1%; dan Presiden Abdurrahman Wahid (Gus Dur) 4,6%.



"Bacharuddin Jusuf Habibie menjadi presiden paling disukai oleh 3,6%, dan Megawati Soekarnoputri oleh 0,3%," kata Direktur KCI-LSI Dennya JA Adjie Alfaraby dalam keterangan tertulis, Senin (19/6/2023).

Jika dibedah dari segmen ekonomi, Jokowi menjadi presiden paling disukai masyarakat dengan pendapatan Rp4 juta ke bawah. Untuk masyarakat dengan pendapatan Rp4 juta ke atas, Soeharto menjadi presiden paling disukai.

Untuk segmen pendidikan, Jokowi paling disukai untuk masyarakat yang pendidikannya tamat SMA ke atas. Soeharto paling disukai di masyarakat dengan pendidikan tamat SMP ke bawah.

"Dari sisi penganut agama, Jokowi menjadi presiden paling disukai di pemeluk agama Islam maupun pemeluk agama non-Islam," kata Adjie Alfaraby.

Secara gender, kata Adjie, Jokowi paling disukai baik di laki-laki maupun di perempuan.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1431 seconds (0.1#10.140)