Pemilu 2024 Tetap Sistem Proporsional Terbuka, Jerry Sambuaga: Kemenangan Demokrasi dan Suara Rakyat

Jum'at, 16 Juni 2023 - 00:08 WIB
loading...
Pemilu 2024 Tetap Sistem Proporsional Terbuka, Jerry Sambuaga: Kemenangan Demokrasi dan Suara Rakyat
Ketua Umum AMPI Jerry Sambuaga mengapresiasi putusan MK yang menolak permohonan gugatan Undang-Undang (UU) Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum (Pemilu). Foto: SINDOnews/Dok
A A A
JAKARTA - Ketua Umum Angkatan Muda Pembaharuan Indonesia (AMPI) Jerry Sambuaga mengapresiasi putusan Mahkamah Konstitusi (MK) yang menolak permohonan gugatan Undang-Undang (UU) Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum (Pemilu). MK memutuskan Pemilu 2024 tetap menggunakan sistem proporsional terbuka.

Jerry Sambuaga yang juga Wakil Menteri Perdagangan itu mengatakan, hak para caleg dalam memperjuangkan aspirasi politiknya untuk berpartisipasi dalam Pemilu, kini terlindungi dengan putusan MK ini.

"Putusan MK menunjukkan kemenangan demokrasi dan kemenangan suara rakyat dalam sistem pemilu proporsional terbuka," ujar Jerry Sambuaga dalam keterangannya, Kamis (15/6/2023).


Politisi muda Partai Golkar ini juga mengungkapkan, DPP AMPI mengapresiasi para partai politik yang selama ini konsisten mendukung sistem proporsional terbuka. Khususnya Partai Golkar yang selama ini di garda terdepan dalam memperjuangkan sistem pemilu proporsional terbuka.

"Sebagai ormas yang didirikan oleh Partai Golkar, DPP AMPI siap berjuang mengawal dan mengamankan Putusan MK serta siap menyambut pesta demokrasi dengan mengirim kader-kader terbaik dari AMPI untuk berpartisipasi dalam Pemilu 2024," kata Jerry.

Diketahui, MK telah menolak seluruh permohonan para tergugat yang menginginkan pemilu digelar secara proporsional tertutup atau coplos partai.



Hasil putusan tersebut dibacakan langsung oleh Ketua MK Anwar Usman dalam sidang terbuka yang digelar di Gedung MK, Kamis 15 Juni 2023. "Menolak permohonan para pemohon untuk seluruhnya," kata Anwar Usman membacakan Putusan Perkara Nomor 114/PUU-XX/2022.
(thm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2012 seconds (0.1#10.140)