Sisi Lain Achmad Yurianto, Pernah Cari Rezeki Lewat Fotografi

Jum'at, 24 Juli 2020 - 20:14 WIB
loading...
Sisi Lain Achmad Yurianto, Pernah Cari Rezeki Lewat Fotografi
Achmad Yurianto. Foto/BNPB
A A A
JAKARTA - Mantan Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19 Achmad Yurianto ternyata pernah mencari rezeki lewat fotografi saat masih di bangku kuliah. Bahkan, fotonya pernah ditawar tinggi oleh orang.

"Sebenarnya gak gemar sih, ya cari rezeki disitu. Foto, jual," kata Yuri dalam podcast 'Purna Tugas Jubir Covid-19' melalui kanal media sosial Kementerian Kesehatan, Jumat (24/7/2020).

Pria kelahiran Malang, 11 Maret 1962 ini mengatakan, fotografi ada pasarnya. Ia mengambil foto landscape hingga portrait. "Ada pasar. Jadi ada yang sudah landscape, ada momen portrait. Kalau landscape banyak di panorama, kemudian kalau portrait lebih banyak pada ekspresi pada orang. Atau pada komposisi yang menarik pada sudut yang kecil," jelasnya.

Ia pun ditanya kenapa tidak mencari pekerjaan lain untuk menghasilkan uang? "Kan kita bisa mengerjakannya dengan cara apa saja, dari tempat mana saja. Sehari 24 jam itu banyak," tegas Yuri.( ).

Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan Republik Indonesia ini menambahkan, ia juga tergabung dalam komunitas fotografi. "Kebetulan banyak teman di komunitas fotografi juga, kemudian kita juga sering sharing pengalaman. Dan kemudian kita meyakini bahwa foto yang bagus itu yang disenangi orang. Bukan yang disenangi diri sendiri," katanya.

Ia pun menceritakan pengalamannya saat mengambil foto yang dianggapnya biasa justru ditawar tinggi oleh orang lain. "Saya mengalami sendiri ketika saya membuat foto, kemudian saya anggap biasa-biasa saja. Tetapi kok malah ditawar tinggi oleh orang lain. Padahal saya tunjukkan yang lebih bagus, ternyata enggak."

Yuri pun mengatakan bahwa fotografi adalah sebuah seni melihat. "Nah, kalau berbicara seni melihat maka kembali lagi pada selera kan. Oleh karena itu, apa pun karya foto kita, jangan pernah menganggap bahwa ini jelek, bahwa ini baik. Nikmatin aja," katanya.( ).

Dalam kesempatan itu, Yuri mengatakan ia mengambil foto sejalan dengan hobinya jalan-jalan seperti naik gunung, jalan ke laut, maupun pantai. "Sambil jalan-jalan. Kan sebenarnya ini kan mengombinasikan kesenangan saya untuk naik gunung, kemudian jalan ke laut, ke pantai, sekalian aja difoto."
(zik)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1164 seconds (0.1#10.140)