Keketuaan Indonesia dalam ASEAN Chairmanship

Senin, 12 Juni 2023 - 12:07 WIB
loading...
A A A
Berdasarkan data sementara Kemenparekraf mencatat bahwa hasil dari business to customer (B2C) selama ATF 2023 lebih dari Rp8 miliar. Selanjutnya business to business (B2B), tercatat nilai transaksi yang didapat melebihi Rp500 miliar.

Kolaborasi Antarnegara di ASEAN
Kawasan ASEAN memiliki kekayaan budaya yang secara tangible maupun intangible. Hal ini ditandai dengan adanya 17 warisan budaya yang telah tercatat dalam daftar warisan dunia UNESCO. Setidaknya ini dapat menjadi daya tarik bagi wisatawan di seluruh dunia.

Berbagai negara di ASEAN tanpa lelah telah bekerja sama dalam mempromosikan ASEAN sebagai destinasi pilihan dengan mengupayakan pemulihan kepercayaan wisatawan, menampilkan keragaman, kehangatan, ketahanan, kesenangan, serta petualangan yang menjadi simbol masyarakat di kawasan ASEAN.

Selain itu, kolaborasi yang diinterpretasikan melalui kebijakan relaksasi dan penghapusan pembatasan perjalanan oleh negara-negara anggota ASEAN telah berhasil meningkatkan kunjungan wisatawan internasional di ASEAN pada 2022 secara signifikan dibanding tahun sebelumnya.

Ketetuaan Indonesia dapat menjadi memontum yang tepat untuk membawa Kawasan ASEAN sebagai pusat pertumbuhan sesuai dengan tema ASEAN tahun ini. Sebagai ketua, Indonesia terus berupaya mendorong dan memperkuat pemulihan ekonomi serta menjadikan Asia Tenggara sebagai mesin pertumbuhan dunia yang berkelanjutan. Semoga.
(poe)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1421 seconds (0.1#10.140)