Wapres Ingatkan ASN Junjung Netralitas saat Pemilu dan Pilkada 2024

Selasa, 30 Mei 2023 - 12:05 WIB
loading...
Wapres Ingatkan ASN Junjung Netralitas saat Pemilu dan Pilkada 2024
Wapres Ma’ruf Amin mengingatkan ASN agar menjunjung sikap netral pada pemilihan umum (Pemilu) dan pemilihan kepala daerah (Pilkada) 2024 mendatang. Foto/MPI
A A A
JAKARTA - Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin mengingatkan Aparatur Sipil Negara (ASN) agar menjunjung sikap netral pada pemilihan umum (Pemilu) dan pemilihan kepala daerah (Pilkada) 2024 mendatang.

“Dalam menghadapi Pemilu dan Pilkada 2024, ASN agar senantiasa menjunjung sikap netralitas dan profesional dalam menunaikan tugas-tugas birokrasi sesuai peran dan tanggung jawabnya,” ujar Wapres saat memberikan sambutan pada Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Kepegawaian Tahun 2023 secara virtual di Jakarta, Selasa (30/5/2023).



Pada kesempatan itu, Wapres mengatakan bahwa dinamika perkembangan kondisi global, tidak hanya konteks geopolitik dan arsitektur ekonomi yang berubah tetapi pendekatan, teori, dan praktik-praktik tata kelola pemerintahan juga turut berkembang.

Menyikapi hal ini, kata Wapres, berbagai negara pun beradaptasi melakukan penyesuaian struktural mengikuti konteks global yang tengah dihadapi. “Jika tidak bergerak cepat, maka kita akan tertinggal dalam derasnya arus perubahan dan ketatnya persaingan antarbangsa,” katanya.

Wapres pun mengungkapkan saat ini berbagai organisasi internasional mengukur tingkat tata kelola pemerintahan setiap negara untuk menunjukkan tingkat kemapanan penyelenggaraan pemerintahan, di antaranya terkait pelayanan publik dan iklim regulasi yang mampu mendorong daya tarik investasi.

“Oleh karena itu, dibutuhkan perhatian serius terhadap upaya peningkatan kualitas sumber daya manusia aparatur sipil negara, utamanya kualitas kepemimpinan ASN di berbagai level sebagai salah satu faktor penentu kinerja organisasi pemerintahan,” tuturnya.

Wapres berharap Rakornas ini dapat menjadi forum strategis untuk menelurkan gagasan-gagasan segar dari para pemangku kepentingan guna pengembangan ASN ke depan.



“Terlebih, pilihan tema manajemen talenta juga sangat relevan dengan agenda transformasi pembangunan menuju Indonesia Emas 2045,” tandasnya.
(kri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2705 seconds (0.1#10.140)