Jawa Adalah Kunci, Ungkapan PKI yang Dianggap Masih Berlaku

Sabtu, 27 Mei 2023 - 18:10 WIB
loading...
A A A


Menurut data Badan Pusat Statistik (BPS) pada kuartal II tahun 2022, Jawa masih menjadi pusat ekonomi RI dengan angka pertumbuhan ekonomi sebesar 56,55%, disusul Sumatera di posisi kedua dengan 22,03% terhadap PDB.

Hal penting yang terdapat di Jawa dan tidak dimiliki oleh wilayah lain adalah pusat militer. Sampai saat ini seluruh Markas Besar (Mabes) TNI maupun Polri berada di pulau terpadat tersebut. Membuat Jawa sebagai markas pertahanan Indonesia.

Selain itu, mau diakui atau tidak, masyarakat Jawa adalah salah satu etnis di Indonesia yang paling akrab sekaligus terpapar dengan kekuasaan. Membuat masyarakat Jawa akan terkena imbas secara langsung baik positif maupun negatif terhadap segala kebijakan yang dikeluarkan pemerintah.

Hal itu membuat demokrasi lebih hidup di pulau Jawa ketimbang wilayah lain. Semua hal yang berada di Jawa ini membuat pulau tersebut menjadi pusat pertahanan, jantung perekonomian, dan politik pemerintah Indonesia.

Itulah sebab mengapa ungkapan Jawa adalah kunci masih sangat relate untuk kehidupan saat ini. Hal ini memang telah terbentuk sejak Indonesia merdeka, dimana seluruh pembangunan hanya berfokus pada pulau ini saja.
(bim)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1491 seconds (0.1#10.140)