Profil Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, Penuh Prestasi dan Gelar

Senin, 15 Mei 2023 - 13:20 WIB
loading...
Profil Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, Penuh Prestasi dan Gelar
Jenderal Listyo Sigit Prabowo merupakan Kepala Kepolisian Republik Indonesia yang tengah menjabat saat ini. Foto DOK ist
A A A
JAKARTA - Jenderal Listyo Sigit Prabowo merupakan Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri) yang tengah menjabat saat ini. Sepanjang kariernya penuh prestasi dan gelar.

Kepemimpinan Jenderal Listyo Sigit, satuan kepolisian telah beberapa kali diguncang kasus besar. Seperti kasus penembakan polisi yang menjerat Irjen Ferdy Sambo, Tragedi Kanjuruhan, hingga kasus narkoba Irjen Teddy Minahasa.

Hal itu bahkan membuat Presiden Joko Widodo harus mengumpulkan seluruh personil kepolisian pada Oktober 2022 untuk memberikan arahan. Salah satunya adalah supaya Polri menjaga kesolidan dalam menjalankan tugas pokok dan fungsinya.



Meskipun dilanda berbagai permasalahan pelik di tubuh Polri, Jenderal Listyo Sigit tetap teguh dan berharap agar jajarannya dapat menjaga kesolidan, saling mengingatkan,dan dapat menjadi contoh yang baik.

Profil Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo

Jenderal Listyo Sigit Prabowo lahir pada 5 Mei 1969 di Ambon, Maluku. Karier di kepolisian mulai ditempuh setelah lulus dari Akademi Kepolisian pada 1991.

Sebelum menjadi seorang Kapolri, Listyo Sigit sempat menduduki beberapa posisi penting dalam kepolisian. Kariernya beranjak ketika diangkat menjadi Kapolres Pati pada tahun 2009 silam.

Sempat dimutasi untuk bertugas di Sukoharjo sebagai Kapolres pada 2010, Listyo Sigit kemudian dipindah tugaskan untuk menjadi Wakapolrestabes Semarang di tahun yang sama.

Setahun berselang, dia kembali ditunjuk sebagai Kapolres, kini untuk wilayah Surakarta. Tak lama setelah itu, dia kembali mendapat surat pemindahan tugas untuk menjadi Kasubdit II Dittipidum Bareskrim Polri di tahun 2012, lalu Dirreskrimum Polda Sulawesi Tenggara pada 2013.

Pada tahun 2014, Listyo Sigit mendapat kepercayaan untuk menjadi Ajudan Presiden Joko Widodo. Sebelum akhirnya menjabat sebagai Kapolda Banten di tahun 2016.

Kariernya melejit ketika telah berpangkat Irjen di tahun 2018, kala itu dirinya tengah menjabat sebagai Kadiv Propam Polri.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1321 seconds (0.1#10.140)