Pemilu 2024, PKS Parpol Pertama yang Daftarkan Caleg 2024 ke KPU

Senin, 08 Mei 2023 - 09:34 WIB
loading...
Pemilu 2024, PKS Parpol Pertama yang Daftarkan Caleg 2024 ke KPU
PKS dijadwalkan hadir di Gedung KPU pukul 10.00 WIB. Foto: MPI/Danandaya Arya Putra
A A A
JAKARTA - Partai Keadilan Sejahtera ( PKS ) menjadi partai politik (parpol) pertama yang mendaftarkan bakal calon legislatif (caleg) DPR ke Komisi Pemilihan Umum (KPU), Jakarta Pusat. Rencananya PKS akan hadir sekitar pukul 10.00 WIB.

"Untuk diketahui bersama bahwa memasuki hari kedelapan hari ini, kita sudah mendapatkan konfirmasi kehadiran dari PKS yang direncanakan akan hadir pada pukul 10.00 WIB," ucap Humas Setjen KPU Intan Rizkika melalui siaran YouTube KPU di kantor KPU, Senin (8/5/2023).

Intan mengatakan, KPU telah menerima informasi dari PKS sehari sebelumnya. Karena itu, KPU sedang mempersiapkan diri untuk menerima para kader PKS di ruang rapat lantai 2.



Anggota KPU RI Idham Holik sebelumnya sempat mengatakan, bahwa parpol harus mengirimkan surat sebelum mendatangi kantor KPU. Hal itu dilakukan guna memberikan kepastian terhadap KPU bahwa benar parpol tersebut akan mendaftar bacaleg DPR.

"Kami berharap dapat menyampaikan surat pemberitahuan karena surat tersebut sebagai Bentuk kepastian kami bahwa yang bersangkutan akan datang ke KPU untuk menyerahkan daftar calon anggota DPR," ucap Idham saat dihubungi, Rabu (3/5/2024).

Idham mengatakan, lebih awal partai politik yang telah mengusung nama Bacalegnya, bisa mengunggah dokumennya melalui aplikasi Sistem Informasi Pencalonan (Silon) yang dimiliki KPU. Setelah itu, barulah para parpol yang telah mendaftarkan bacalegnya bisa mendatangi kantor KPU RI untuk menyerahkan administrasi fisik.

"Kami juga terus mengingatkan agar para Liaison Officer (LO) dan narahubung silon partai politik peserta pemilu agar memastikan bahwa dokumen yang diunggah ke dalam aplikasi silon adalah dokumen yang lengkap sebagaimana diatur dalam pengajuan persyaratan bakal calon anggota legislatif," ucapnya.



Pantauan MNC Portal Indonesia sekitar pukul 09.00 WIB, suasana kantor masih ramai penjagaan petugas KPU. Sedangkan di ruang rapat KPU RI gedung 2 sudah disiapkan berbagai peralatan untuk pendaftaran caleg.

Sementara situasi di luar kantor KPU puluhan kader PKS yang hadir sedang melaksanakan senam pagi. Terlihat mereka menggunakan jaket berwarna orange bertuliskan PKS.
(muh)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1051 seconds (0.1#10.140)