Top! Duet Jenderal Adhi Makayasa Akmil Pimpin Lembah Tidar

Senin, 08 Mei 2023 - 08:39 WIB
loading...
A A A


Pada tahun 1950, MA Yogyakarta setelah meluluskan dua angkatan, karena alasan tehnis, ditutup untuk sementara dan taruna angkatan ketiga menyelesaikan pendidikannya di KMA Breda, Belanda.

Dalam perkembangannya dan setelah melalui berbagai dinamika, berdasarkan Perpang Nomor :Perpang/ 28/ V/ 2008 tanggal 12 Mei 2008 Pendidikan Dasar Keprajuritan Chandradimuka dan Integratif Akademi TNI pola 12 bulan langsung di bawah Mako Akademi TNI. Kemudian Akmil menyelenggarakan pendidikan khusus Taruna Angkatan Darat tingkat II, III dan IV.

Sebagai Badan Pelaksana Pusat di tingkat Mabes TNI AD, yang berkedudukan langsung di bawah KSAD, Akmil mempunyai tugas pokok membentuk Taruna Akmil menjadi Perwira TNI AD yang memiliki sikap dan perilaku sebagai prajurit Saptamarga, pengetahuan dan keterampilan dasar golongan Perwira, berkualifikasi Akademis Program Diploma IV Pertahanan serta jasmani yang samapta.

Jenderal Kopassus Pensiun

Dalam mutasi ini Panglima TNI juga menggeser dua jenderal bintang tiga yang sama-sama berasal dari kecabangan infateri Kopassus. Mereka yakni Koordinator Staf Ahli KSAD Letjen TNI Ignatius Yogo Triyono dan Letjen TNI I Nyoman Cantiasa.

Yogo ditarik sebagai Pati Mabes TNI AD karena memasuki masa purnatugas. Bakal menjabat Korsahli KSAD yaitu Nyoman Cantiasa yang sebelumnya Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Pangkogabwilhan) III.

Selanjutnya Panglima menunjuk Mayjen TNI Agus Suhardi untuk menggantikan Cantiasa. Agus yang merupakan lulusan Akmil 1988 A sekaligus bakal promosi bintang tiga (letjen). Kemungkinan jabatan ini akan menjadi portofolionya yang terakahir di militer mengingat Agus sudah mendekati masa purnatugas.
(ams)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.6310 seconds (0.1#10.140)