Top! Duet Jenderal Adhi Makayasa Akmil Pimpin Lembah Tidar

Senin, 08 Mei 2023 - 08:39 WIB
loading...
Top! Duet Jenderal Adhi Makayasa Akmil Pimpin Lembah Tidar
Dua jenderal peraih Adhi Makayasa Mayjen TNI Erwin Djatniko (kiri) dan Brigjen TNI Sapto Widhi Nugroho (kanan) menjabat sebagai gubernur dan wakil gubernur Akmil. Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - Sejarah tercipta di Akademi Militer (Akmil) Tentara Nasional Indonesia. Untuk kali pertama gubernur dan wakil gubernur Akmil dipimpin jenderal yang sama-sama peraih lencana Adhi Makayasa. Keduanya yakni Mayjen TNI Erwin Djatniko dan Brigjen TNI Sapto Widhi Nugroho.

Erwin merupakan lulusan terbaik Akmil 1992, sementara Sapto Widhi terbaik 1994 A. Jika Erwin sebelum ini menjabat wagub Akmil, Sapto merupakan Dankorsis Seskoad.



Penunjukan Erwin-Sapto sebagai orang nomor satu dan dua Lembah Tidar (lokasi Akmil) tertuang dalam Surat Keputusan Panglima TNI Nomor Kep/426/IV/2023 tanggal 27 April 2023 tentang Pemberhentian dari dan Pengangkatan dalam Jabatan di Lingkungan Tentara Nasional Indonesia. Secara keseluruhan terdapat 172 perwira yang dimutasi kali ini.

“Mayjen TNI Legowo WR, jabatan lama Gubernur Akmil menjadi Pa Sahli Tk III KSAD Bidang Intekmil dan Siber. Brigjen TNI Erwin Djatniko, jabatan lama Wakil Gubernur Akmil menjadi menjadi Gubernur Akmil,” bunyi SK yang diteken Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono, dikutip Senin (8/5/2023).



Dipercaya sebagai orang nomor satu di Lembah Tidar menjadi promosi bagi Erwin. Bintang emas di pundaknya bakal bertambah satu menjadi mayjen. Secara resmi kenaikan pangkat setingkat lebih tinggi itu tinggal menunggu waktu.

Di sisi lain, penempatan Sapto Widhi sebagai orang nomor 2 Akmil dapat disebut rotasi horizontal. Sebelum ini dia juga telah menyandang pangkat brigjen. Sapto yang berasal dari kecabangan Zen itu menjabat Dankorsis Seskoad sejak Maret 2022.

Apa pun, dengan mutasi terbaru ini Akmil sekarang dipimpin duet lulusan terbaiknya. Lebih menarik lagi, ini juga menjadi duet lulusan kavaleri-zeni di pucuk pimpinan kawah candradimuka para Taruna/Taruni tersebut.

Mengutip laman resmi, Akmil bermula dari didirikannya Militaire Academie (MA) Yogyakarta pada tanggal 31 Oktober 1945, atas perintah Kepala Staf Umum Tentara Keamanan Rakyat, Letnan Jenderal TNI Oerip Soemohardjo.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1052 seconds (0.1#10.140)