Membaca Buku Dunia dan Indonesia

Sabtu, 06 Mei 2023 - 03:29 WIB
loading...
A A A
Semangat serupa disampaikan oleh Nila Tanzil, seorang pegiat literasi Taman Bacaan Pelangi, sebuah organisasi nirlaba yang bekerja untuk mendirikan perpustakaan anak-anak di daerah terpencil di Indonesia Timur sejak 2009.

Taman Bacaan Pelangi ini telah mendirikan 207 perpustakaan, mengirimkan lebih dari 287.962 buku, melayani lebih dari 42.189 anak dan melatih lebih dari 5.892 guru. Ungkapan Nila ini mencerminkan semangat membaca dan menyebarkan buku di berbagai pelosok wilayah, karena persoalan ketersediaan bahan bacaan yang masih kurang. Tidak semua kabupaten di Indonesia punya toko buku, dan praktis aktivitas membaca masyarakat menggantungkan harapan pada ketersediaan bahan bacaan di perpustakaan.

Menyimak ungkapan Nila ini, seperti memperkuat pernyataan Neil Gaiman (2022), "Kita punya tanggung jawab untuk mendukung perpustakaan. Menggunakan perpustakaan, mendorong orang lain menggunakan perpustakaan, memprotes penutupan perpustakaan. Jika kalian tidak menghargai perpustakaan, kalian tidak menghargai informasi atau budaya atau kebijaksanaan. Kalian membungkam suara masa lalu dan kalian merusak masa depan". Salam literasi.....!
(zik)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2225 seconds (0.1#10.140)