Membaca Buku Dunia dan Indonesia

Sabtu, 06 Mei 2023 - 03:29 WIB
loading...
Membaca Buku Dunia dan Indonesia
Joko Santoso, Kepala Biro Perencanaan dan Keuangan Perpustakaan Nasional RI. Foto/Istimewa
A A A
Joko Santoso
Kepala Biro Perencanaan dan Keuangan Perpustakaan Nasional RI

David Leonhardt dalam laman the global market writers menyampaikan hasil kajiannya berjudul Global Book Reading Statistics for 2022 and 2023 (complete survey data). Kajian dilakukan pada 945 pembaca buku di 56 negara tentang kebiasaan membaca buku mereka.

Berikut adalah statistik membaca buku dunia dari hasil survei tersebut, yang kemudian kami bandingkan dengan hasil kajian serupa di Indonesia oleh Perpustakaan Nasional tahun 2022.

Kebanyakan orang membaca beberapa buku atau banyak buku. Survei David Leonhardt mengatakan 27% responden membaca lebih dari 20 buku pada tahun 2022, sedangkan 32% mengatakan mereka membaca satu hingga lima buku. Hanya 18% mengatakan mereka membaca enam hingga 10 buku, dan 19% membaca 11 hingga 20 buku pada tahun 2022.

Secara regional, pembaca Amerika dan Inggris cenderung menjadi konsumen buku yang tinggi (masing-masing 39% dan 44% membaca lebih dari 20 buku), sedangkan orang Kanada cenderung menjadi pembaca yang lebih ringan (23% membaca lebih dari 20 buku).

Hasil penelitian tentang jumlah buku yang dibaca selama setahun di atas, jika dibandingkan dengan hasil kajian Kegemaran Membaca yang dilakukan Perpustakaan Nasional (2022) ada kesamaan. Jumlah buku yang dibaca penduduk Indonesia rata-rata 5 buku per 3 bulan atau 20 buku setahun.

Banyak orang berencana untuk membaca lebih banyak buku pada tahun 2023. Prediksi bahwa akhir buku sudah dekat terbukti terlalu dini. Faktanya, data hasil kajian Leonhardt menunjukkan bahwa orang berencana untuk membaca lebih banyak buku di tahun 2023 daripada di tahun 2022.

Survei menunjukkan 64% pembaca berencana untuk membaca lebih banyak buku pada tahun 2023 daripada yang mereka lakukan pada tahun 2022. Hanya 3% yang berencana untuk membaca lebih sedikit buku. Hasil ini cukup mirip di semua wilayah. Seorang pembaca di Kenya menyimpulkan suasana survei tersebut dengan mengatakan: “Saya menikmati semua bacaan tahun ini. Saya tidak sabar untuk membaca lebih lanjut.”

Sayangnya dalam kajian Kegemaran Membaca yang dilakukan oleh Perpustakaan Nasional (2022) tidak mengungkap soal rencana membaca buku tahun 2023. Sekalipun demikian, jika dibandingkan dengan riset tahun sebelumnya ada kecenderungan jumlah buku yang dibaca orang Indonesia terus meningkat.



Buku Paling Banyak Dibaca: sejarah, misteri, dan biografi. Survei Leonhardt mengatakan, tiga genre bahan bacaan teratas di seluruh dunia pada 2022 adalah Sejarah (34%); Misteri (33%); Biografi/memoar (31%). Terdapat beberapa perbedaan kecil di wilayah tertentu. Misalnya, orang Kanada jauh lebih tidak tertarik pada sejarah. Sementara itu, pembaca Inggris menunjukkan minat yang kuat pada fantasi.

Buku-buku teratas yang suka dibaca orang Indonesia setikdak tercermin dari komposisi kategori koleksi perpustakaan umum. Hal ini karena kebijakan pengembangan koleksi perpustakan umumnya didasarkan pada tingkat ketermanfaatan atau keterbacaan koleksi oleh pemustaka. Berdasar kajian Indeks Pembangunan Literasi Masyarakat yang dilakukan oleh Perpustakaan Nasional (2022), tertinggi subjek Sosial (18,2%); kedua Agama (13,3%); dan ketiga Geografi dan Sejarah (12,7%). Pilihan bacaan teratas ini nampaknya berbeda dibanding dengan negara-negara lain, namun sama untuk kategori sejarah.

Buku Tercetak Masih Disukai


Survei David Leonhardt mengatakan; 57% orang membaca buku cetak; 32% pembaca memilih eBook; dan 8% lainnya mendengarkan buku audio dan 3% memilih lainnya (buku komik, brail atau format lainnya). Orang Amerika kurang tertarik pada bahan bacaan cetak dan agak lebih tertarik pada semua jenis format lainnya. Yang mencolok adalah 29% pembaca Amerika yang menyukai Kindle mereka. Orang Kanada menunjukkan kecenderungan sebaliknya, dengan 67% lebih suka membaca dalam format tercetak, dan hanya 23% memilih eBook.

Hasil kajian di atas berbeda dengan Indonesia. Saat ini orang Indonesia lebih memlih bahan bacaan digital dibanding bahan bacaan tercetak. Hal ini terungkap dalam hasil riset Kegemaran Membaca (Perpusnas, 2022). Format bahan bacaan yang sering digunakan di Indonesia paling banyak digital (36,0%) yang terdiri dari e-book, artikel internet, e-koran, e-majalah; bahan bacaan tercetak sebesar 33.5% yang terdiri dari buku, koran, majalah dan sebagainya; dan sisanya (30,5%) dalam format audio visual berupa siaran TV, siaran radio, audiobook dan podcast.

Hal ini kemungkinan karena didukung oleh faktor tingkat penetrasi internet Indonesia mencapai 77,02% pada 2022 (APJII) dan jumlah pemilik smartphone mencapai 345,3 juta, lebih banyak dari total penduduk yang mencapai 271,35 juta jiwa (Kominfo, 2022).

Orang Suka Memajang Buku


Survei Leonhardt mengatakan 86% pembaca berpikir buku mereka memiliki panjang yang tepat; 11% berpikir bacaan mereka terlalu panjang sehingga sulit memokuskan perhatian; tetapi 3% dari pembaca yang berdedikasi mengatakan tidak bisa mendapatkan pemahaman yang cukup, jika buku mereka terlalu pendek. Tentu saja, tidak semua orang setuju. Seorang pembaca Italia berkata, "Saya suka membaca sangat panjang, sesuatu yang benar-benar bisa saya selami." Tetapi seorang pembaca Amerika membalas, "Buku lebih dari 600 halaman benar-benar memperlambat Anda. Tidak ada akhir yang terlihat."

Sayangnya, di Indonesia belum ada riset tentang panjang buku yang diinginkan pembaca, setidak-tidaknya oleh Perpustakaan Nasional atau asosiasi penerbit seperti IKAPI.

Jika Anda berpikir bahwa popularitas buku yang bertahan lama, buku tercetak khususnya, adalah karena orang tua mengalami kesulitan beradaptasi dengan teknologi baru, survei Leonhardt ini menunjukkan sebaliknya. Survei menunjukkan pembaca buku dalam rentang usia 25-34 sebanyak 17%; rentang usia 35-44 sebesar 18%; rentang usia 45-54 sebesar 19%; dan rentang usia 55-64 sebesar 19%; di atas 65 sebesar 4%. Yang menarik justru dari kalangan anak-anak dengan rentang usia di bawah 18 tahun hanya 1% dan remaja usia 18-24 tahun hanya sebesar 10%.

Kalangan pembaca buku di Indonesia tampak berbeda. Hal itu terlihat dalam hasil kajian Kegemaran Membaca (Perpusnas, 2022). Pembaca yang berasal dari rentang usia 10 – 24 tahun sebesar 40,48%; 25 – 39 tahun sebesar 32.15%; 40 – 54 tahun sebanyak 22,31%; 55 – 69 tahun sebesar 4,89% dan di atas 69 tahun hanya 0,17%. Di Indonesia kemungkinan besar tingkat membaca yang tinggi pada kalangan muda (anak dan remaja) berkorelasi dengan kebutuhan pendidikan.

Survei Leonhardt juga mengatakan pembaca buku terbanyak dari kalangan perempuan (56%) dan sisanya (42%) adalah pria dan 1% diidentifikasi sebagai lainnya. Kesenjangan ini bahkan lebih jelas di Amerika Serikat, yakni dua pertiga pembaca adalah perempuan. Ini konsisten dengan penelitian lain yang menunjukkan anak perempuan dan perempuan di seluruh dunia membaca lebih banyak buku.

Hal yang sama juga terjadi di Indonesia, perempuan menempati peringkat pertama dalam membaca buku (65,87%) dan laki-laki 34,13% (Kajian Kegemaran Membaca, Perpusnas, 2022).

Dengan melihat hasil kajian membaca buku dunia, juga di Indonesia, nampak sekali bahwa semangat membaca mewarnai perkembangan dunia. Membaca adalah tindakan aktif untuk menyerap informasi dan pengetahuan melalui berbagai media.
Membaca adalah tahap terpenting dalam metoda menyimak, memperhatikan, menganalisis, belajar, praktik, memandang, mengkritisi dan mengawai setiap fenomena dan peristiwa. Semangat membaca dunia barangkali tercermin dalam ujar seorang responden dari Aljazair: "Saya suka buku. Setiap orang harus membaca buku." (Leonhardt, 2022).

Semangat serupa disampaikan oleh Nila Tanzil, seorang pegiat literasi Taman Bacaan Pelangi, sebuah organisasi nirlaba yang bekerja untuk mendirikan perpustakaan anak-anak di daerah terpencil di Indonesia Timur sejak 2009.

Taman Bacaan Pelangi ini telah mendirikan 207 perpustakaan, mengirimkan lebih dari 287.962 buku, melayani lebih dari 42.189 anak dan melatih lebih dari 5.892 guru. Ungkapan Nila ini mencerminkan semangat membaca dan menyebarkan buku di berbagai pelosok wilayah, karena persoalan ketersediaan bahan bacaan yang masih kurang. Tidak semua kabupaten di Indonesia punya toko buku, dan praktis aktivitas membaca masyarakat menggantungkan harapan pada ketersediaan bahan bacaan di perpustakaan.

Menyimak ungkapan Nila ini, seperti memperkuat pernyataan Neil Gaiman (2022), "Kita punya tanggung jawab untuk mendukung perpustakaan. Menggunakan perpustakaan, mendorong orang lain menggunakan perpustakaan, memprotes penutupan perpustakaan. Jika kalian tidak menghargai perpustakaan, kalian tidak menghargai informasi atau budaya atau kebijaksanaan. Kalian membungkam suara masa lalu dan kalian merusak masa depan". Salam literasi.....!
(zik)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1573 seconds (0.1#10.140)