Tak Ada Guna Permusuhan, TBG Zainul Majdi Ajak Masyarakat Saling Memaafkan

Rabu, 03 Mei 2023 - 15:29 WIB
loading...
Tak Ada Guna Permusuhan, TBG Zainul Majdi Ajak Masyarakat Saling Memaafkan
Ketua Harian Nasional DPP Partai Perindo TGB HM Zainul Majdi saat Tabligh Akbar di Yayasan Ponpes As-Saidiyah Tempos Daye, Lombok Barat, Rabu (3/5/2023). Foto/MNC Media
A A A
JAKARTA - Ketua Umum Nahdlatul Wathan Diniyyah Islamiyah (NWDI) TGB HM Zainul Majdi mengingatkan, tak ada guna antar sesama manusia bermusuhan. Menurut TGB Zainul Majdi , hubungan manusia dengan manusia yang lain harus senantiasa dijaga.

"Allah memuji orang yang saling memaafkan," kata TGB Zainul Majdi di Yayasan Pondok Pesantren (Ponpes) As-Sa'idiyah Tempos Daye, Kabupaten Lombok Barat, Rabu (3/5/2023).

Ketua Harian Nasional DPP Partai Persatuan Indonesia (Perindo) ini menjelaskan, untuk itu pada kesempatan halalbihalal dia menghaturkan permohonan maaf. Dikatakan TGB, permintaan maaf ini kaitan dengan habluminannas (hubungan sesama manusia).

"Kita semua bakal meninggal, apa guna permusuhan. Kita tidak hidup selamanya," ucapnya.



Dijelaskannya, dalam Al-Qur'an, orang bertakwa adalah orang yang memaafkan. Untuk itu, di bulan Syawal jadi kesempatan saling memaafkan. "Di antara kesempatannya melalui silaturahmi halalbihalal," ujarnya.

Doktor Ahli Tafsir Al-Qur'an ini mengingatkan untuk selalu menjaga hubungan dengan Allah (Habluminallah), menjalankan perintah Allah untuk beribadah. "Salat itu bukan untuk Allah, tapi untuk kita," ujarnya.

TGB menambahkan, ibadah lain adalah puasa. Bila ada yang memiliki utang puasa Ramadan, ada kesempatan di bulan Syawal.

"Satu ibadah dua macam pahala. Bayar kekosongan puasa Ramadan sekaligus puasa Syawal," imbuhnya.

Kepada jemaah yang hadir, Ketua Organisasi Internasional Alumni Al Azhar (OIAA) Indonesia ini mengajak, untuk senantiasa bersyukur menjadi bangsa Indonesia. Tinggal di tempat yang indah.

"Dapat menikmati karunia Allah yang terbatas di antaranya silaturahmi," ujarnya.

Pada kesempatan ini, TGB juga menyinggung mengenai ponpes. Batu uji bagi ponpes itu kepada alumninya yang membawa kemanfaatan.

"Anak-anak manfaat ilmunya, ada imannya, dan cukup akhlaknya itu akan jadi keberkahan bagi orang tuanya," tutupnya.
(maf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3497 seconds (0.1#10.140)