Puan Unggah Foto Lawas Pimpin Pemenangan Ganjar, Siap Ulangi Kesuksesan

Jum'at, 28 April 2023 - 21:57 WIB
loading...
A A A
"Puan ingin menunjukkan tugas baru yang kini diembannya sebagai ketua tim pemenangan Ganjar bukanlah sesuatu yang baru. Sepuluh tahun lalu, hal itu pernah dikerjakan dan terbukti sukses dengan menang besar," kata Airlangga saat dihubungi, Jumat (28/4/2023).

Ganjar-Heru Sudjatmoko membuat kejutan dengan keluar sebagai pemenang pada Pilkada Jawa Tengah 2013. Padahal, Ganjar awalnya diragukan karena tak memiliki rekam jejak berkarier di kancah politik Jawa Tengah.

Apalagi, saat itu ia harus berhadapan dengan petahana Bibit Waluyo serta Sekda Jawa Tengah Hadi Prabowo. Namun, pada akhirnya Ganjar-Heru yang diusung PDIP memenangi pertarungan dengan meraup 6.962.417 suara atau 48,82 persen, mengalahkan pasangan Bibit Waluyo-Sudjiono Sastroatmodjo (30,26 persen) serta Hadi Prabowo-Don Murdono (20,92 persen).

Kini, 10 tahun berlalu, Puan seolah ingin menegaskan bahwa ia kembali bisa menjalankan tugasnya untuk menenangkan Ganjar di Pilpres 2024. "Makna foto yang diunggah itu, Puan ingin menunjukkan bahwa ditunjuknya dia sebagai Ketua Tim Pemenangan Ganjar adalah suatu bentuk peningkatan penugasan baru dalam memenangkan Ganjar," tuturnya.

Menurut Airlangga, foto yang diunggah Puan tersebut memberi makna ideologis dari PDIP terkait peran perempuan dalam politik. Meski Megawati menetapkan Ganjar sebagai capres, namun peran perempuan tetap dikedepankan lewat penunjukan Puan sebagai ketua tim pemenangan.

"Ini memberikan makna terhadap apa yang telah diutarakan Bu Mega ketika mengumumkan Ganjar kemarin, ketika mengambil waktu 21 April Hari Kartini, terus menekankan soal emansipasi perempuan, dan ada nuansa ideologisnya," kata Airlangga.

"Kalau kita baca Soekarno dalam Sarinah itu kan menekankan emansipasi pada perempuan. Adanya kesetaraan dalam proses perjuangan antara laki-laki dan perempuan. Nah itu juga ditampilkan dalam foto yang diunggah Mbak Puan," tambahnya.

Dia juga yakin bahwa penunjukan Puan sebagai Ketua Tim Pemenangan Ganjar ini merupakan langkah awal untuk membangun soliditas di internal partai berlambang kepala banteng bermoncong putih itu.

"Ya kalau saya pikir komposisi itu mewakili seluruh aspirasi dari PDIP. Awalnya konsolidasi sudah baik. Tinggal bagaimana prosesnya ini bisa memperluas dukungan terhadap Ganjar," pungkasnya.
(rca)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2342 seconds (0.1#10.140)