Mudik Lebaran Picu Perputaran Uang di Daerah, Momen Dorong Pertumbuhan Ekonomi

Jum'at, 21 April 2023 - 18:10 WIB
loading...
Mudik Lebaran Picu Perputaran Uang di Daerah, Momen Dorong Pertumbuhan Ekonomi
Mudik Lebaran dinilai menjadi momentum untuk mendorong pertumbuhan ekonomi nasional. Foto: SINDOnews/Dok
A A A
JAKARTA - Mudik Lebaran dinilai menjadi momentum untuk mendorong pertumbuhan ekonomi nasional. Pasalnya, perputaran uang di daerah mencapai 75% dengan sekitar 120 juta jiwa melakukan mudik ke kampung halaman.

“Sekitar 75% perputaran uang terjadi di daerah, ini yang kemudian mendorong pertumbuhan ekonomi nasional Indonesia," ujar Ketua Bidang Kewirausahaan, UMKM, dan Koperasi, BPP HIPMI, Tri Febrianto, dalam keterangannya, Jumat (21/4/2023).

Tri mengungkapkan momen mudik Lebaran 2023 berdampak terhadap pergerakan ekonomi di daerah yang memicu terjadinya kenaikan omset bagi para pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM). "Mudik Lebaran tahun ini sangat berdampak bagi peningkatan UMKM," ucapnya.

Tri mendorong pelaku UMKM yang telah naik kelas untuk melakukan kolaborasi dengan UMKM baru guna bersama-sama membangun ekonomi nasional Indonesia.



“Kolaborasi para pelaku UMKM diyakini dapat meningkatkan, mengembangkan, memperluas jangkauan bisnis para pelaku UMKM," kata Tri.

Menurut Tri, UMKM adalah tulang punggung ekonomi Indonesia dengan jumlah usaha yang mencapai jutaan di seluruh Indonesia. UMKM menjadi salah satu bidang usaha yang dapat berkembang dan konsisten dalam perekonomian nasional.

“UMKM menjadi wadah yang baik bagi penciptaan lapangan pekerjaan," pungkasnya.

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi sebelumnya memproyeksikan jumlah pemudik pada musim libur Lebaran tahun ini bakal melonjak dibanding tahun sebelumnya. Pada Lebaran 2023 ini, berdasarkan kajian Kementerian Perhubungan (Kemenhub) akan ada penambahan sekira 40 juta orang yang melaksanakan mudik.

"Dari jauh hari kita sudah melakukan semacam riset. Tahun lalu ada 80 juta orang yang mudik, tahun ini diprediksikan 120 juta," ujar Menhub.
(thm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1331 seconds (0.1#10.140)