Polri: Pelabuhan Ciwandan Disiapkan untuk Truk dan Motor saat Arus Mudik-Balik Lebaran

Rabu, 12 April 2023 - 14:46 WIB
loading...
Polri: Pelabuhan Ciwandan Disiapkan untuk Truk dan Motor saat Arus Mudik-Balik Lebaran
Polri mengatakan bahwa dalam arus mudik dan balik Lebaran tahun 2023 seluruh pihak terkait telah sepakat mengoperasionalkan Pelabuhan Ciwandan untuk beroperasi. Foto/MPI
A A A
JAKARTA - Polri mengatakan bahwa dalam arus mudik dan balik Lebaran tahun 2023 seluruh pihak terkait telah sepakat mengoperasionalkan Pelabuhan Ciwandan untuk beroperasi. Pelabuhan Ciwandan akan dioperasikan bersama Pelabuhan Merak untuk mengangkut pemudik.

Kadiv Humas Polri Irjen Sandi Nugroho menjelaskan dalam hal ini beban angkut di Pelabuhan Ciwandan bakal diperuntukkan bagi kendaraan roda dua atau motor dan truk.



"Untuk Pelabuhan Merak untuk kendaraan umum roda empat dan bus. Untuk Pelabuhan Ciwandan untuk truk dan sepeda motor," ujar Sandi kepada awak media, Jakarta, Rabu (12/4/2024).

Menurut Sandi, keputusan tersebut dibuat berdasarkan pengalaman libur dan cuti Lebaran tahun 2022 lalu. Sebab, pada tahun lalu sempat terjadi penumpukan kendaraan sepanjang dua kilometer di penyeberangan Pelabuhan Bakauheni.

Kemudian terkait hal itu, Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo telah meninjau langsung ke lokasi tersebut.

“Juga kemarin dilakukan oleh Bapak Kapolri bersama Presiden untuk mengecek yang tahun lalu ada masalah di Penyeberangan Bakauheni,” jelas Sandi.

Lebih lanjut, Sandi menyebut bahwa pihaknya juga menyiapkan rekayasa lalu lintas penyeberangan tambahan. Selain itu, Polri bersama stakeholder terkait akan menyiapkan Pelabuhan Pantai Kiat Indah untuk menampung kelebihan pemudik. Hal itu dilakukan agar tidak terjadi penumpukan atau kepadatan kendaraan.

Tidak hanya itu, Sandi juga mengimbau kepada pemudik yang akan melintasi penyeberangan Bakauheni untuk membeli tiket secara online.



“Bila penumpukan arus yang ke arah Bakauheni itu juga masih padat maka akan ada pelabuhan lainnya yang akan disiapkan untuk dicadangkan yaitu di Pantai Indah Kiat yang di Banten. Di Indah Kiat susah disiapkan dan sudah disurvei oleh Bapak Kapolri,” tutup Sandi.
(kri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2006 seconds (0.1#10.140)