Geliat Jasa Kepelabuhanan Menuju Indonesia Emas 2045

Sabtu, 08 Juni 2024 - 09:51 WIB
loading...
Geliat Jasa Kepelabuhanan Menuju Indonesia Emas 2045
Asosiasi Badan Usaha Pelabuhan Indonesia (ABUPI) menyelenggarakan Seminar Nasional dan Rakernas di Menteng, Jakarta Pusat, belum lama ini. Hadir pada Seminar Nasional Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi. Foto: Ist
A A A
JAKARTA - Asosiasi Badan Usaha Pelabuhan Indonesia (ABUPI) menyelenggarakan Seminar Nasional dan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) di Hotel Aryaduta, Menteng, Jakarta Pusat, belum lama ini. Hadir pada Seminar Nasional Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi.

Menhub menekankan pentingnya kolaborasi antara pemerintah dengan asosiasi. Aadanya kolaborasi maka program yang disampaikan oleh presiden akan tersampaikan.



“Melihat Pelabuhan itu sebagai suatu showcase dari kegiatan logistik. Bila pelabuhan berjalan dengan baik dan dikelola dengan GCG serta secara pelayanannya baik, teknisnya juga baik ini bisa menjadi modal bagi kita untuk menjadi bagian mendukung Indonesia Emas 2045,” ujar Budi.

Menurut dia, yang menjadi perhatian yaitu peningkatan infrastruktur dan teknologi, peningkatan SDM dan kompetensi serta sinergitas antarpelaku usaha.

Dia mengapresasi ABUPI yang telah menyelenggarakan seminar ini yang diikuti berbagai asosiasi dan pemangku kepentingan lainnya.

Dirjen Perhubungan Laut Kemenhub Antoni Arif Priadi menuturkan syarat utama Kepelabuhanan menuju Indonesia Emas 2045 yakni infrastruktur yang memadai, ketersediaan SDM, penerapan teknologi, perencanaan dan pertumbuhan ekonomi.

Hal senada disampaikan Khoiri Sutomo dari Kadin Indonesia selain hal tersebut ditambahkan terkait kolaborasi dan kerja sama.

Sementara itu dari INSA yang diwakili Darmansyah Tanamas menyampaikan terkait sinergi pelabuhan dan pelayaran Untuk mencapai Indonesia Emas 2045 sebagai dua sisi mata uang, selain itu juga disampaikan perihal esensi dari asas cabotage.

Sebagai narasumber terakhir adalah Akbar Djohan dari ALFI. Dia lebih menyoroti kolaborasi publik dan private untuk infrastruktur pelabuhan bahwa untuk pembangunan pelabuhan diperlukan skema-skema yang menarik untuk mengundang investor.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1836 seconds (0.1#10.140)
pixels