Awiek PPP Prediksi Reshuffle Kabinet Paling Lama Setelah Lebaran

Sabtu, 01 April 2023 - 12:56 WIB
loading...
Awiek PPP Prediksi Reshuffle Kabinet Paling Lama Setelah Lebaran
Achmad Baidowi memperkirakan reshuflle kabinet paling lama setelah Lebaran nanti. Foto/istimewa
A A A
JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan segera melakukan reshuffle kabinet . Reshuflle dilakukan terutama untuk mengisi pos jabatan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) yang ditinggalkan Zainudin Amali.

Ketua DPP PPP Achmad Baidowi berpandangan, reshuffle akan dilakukam dalam waktu dekat karena yang menyampaikan segera adalah presiden langsung.

"Ya kalau reshuffle itu kan urusan Presiden Joko Widodo yang memiliki hak prerogatif konstitusi, tapi kalau melihat dari pernyatan presiden bahwa reshuffle akan dilakukan dalam waktu segera itu akan sangat memungkinkan dalam waktu dekat. Kan sinyal-sinyal itu kuat ketika presiden menjawab segera, itu kan presiden," kata Baidowi kepada wartawan, Sabtu (1/4/2023).



Menurut pria yang akrab disapa Awiek ini, ketika presiden menyatakan segera maka waktunya tidak lama lagi. Dan PPP memprediksi bahwa reshuffle akan dilakukan paling lama setelah hari raya Idulfitri tahun ini, sebagaimana kebiasaan sebelumnya.

"Kalau saya PPP menduga memprediksi paling lama setelah lebaran sebagaimana kebiasaan-kebiasaan sebelumnya biasanya reshuffle biasanya dilakukan setelah lebaran," ujar Awiek.

Namun, Awiek menegaskan bahwa reshuffle dilakukan sebelum Lebaran juga bukan suatu masalah karena memang presiden yang memiliki hak prerogatif.



"Tapi sekali lagi, kalau reshuffle dilakukan sebelum lebaran tidak masalah juga karena memang presiden punya hak prerogatif," ucapnya.

Mengenai posisi apa saja yang perlu diisi, Awiek menjelaskan yang pasti posisi menpora yang tengah kosong, posisi sejumlah wakil menteri (wamen) yang kosong, serta posisi lainnya berdasarkan indeks kinerja para pembantu presiden.

"Satu, menpora yang perlu segera diisi, ada sejumlah wamen yang kosong, yang berikutnya berdasarkan indeks kinerja masing-masing kabinet. Itu aja," tandas Wakil Ketua Badan Legislasi (Baleg) DPR ini.
(muh)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1343 seconds (0.1#10.140)