Survei Pemetaan Budaya Kerja ASN Dirilis, Ini Penjelasannya

Senin, 27 Maret 2023 - 17:06 WIB
loading...
A A A
Sebagai informasi, survei pemetaan budaya kerja di Kemenkominfo diikuti oleh 1.379 responden. Hasil dari OCHI mengatakan bahwa Kominfo unggul di Harmonis 52,8 persen kategori B cukup sehat, Adaptif 46,6 persen serta kolaboratif 68,7 persen cukup sehat kategori B.

Artinya, nilai harmonis, adaptif, dan kolaboratif di Kominfo lebih unggul dibanding Kementerian lainnya di seluruh Indonesia.

"Saya juga salut dengan Kominfo yang secara internal melakukan perbaikan Berakhlak dan lakukan rencana tindak lanjut ke depan," ujarnya.

"Sedangkan secara eksternalnya, Kominfo mampu menjadi role model untuk menyemangati kementerian/lembaga/Pemerintah Daerah lainnya dalam merespons hasil OCHI. Kemudian Kominfo juga melakukan digital mindset," sambungnya.

Kemudian, Ary bersama tim membantu Kominfo melakukan diskusi rencana penerapan Budaya Kerja setelah mengetahui hasil survei pemetaan Core Values Berakhlak.

Melalui diskusi ini diharapkan, implementasi Core Values ASN Berakhlak di Kominfo dapat berjalan efektif dan terukur di setiap Unit kerja demi mewujudkan berjalannya program budaya Berakhlak dan percepatan transformasi Budaya Kerja Berakhlak.

"Kami berkomitmen untuk bantu mewujudkan Renstra Kominfo 2020-2024. Renstra Kemenkominfo memiliki tujuan strategis untuk mengembangkan ekosistem digital nasional yang mendukung pencapaian visi dan misi presiden serta fokus pembangunan pemerintah," jelas Ary.

Tujuan ini dicapai dengan fokus utama, yaitu pemerataan infrastruktur TIK, percepatan transformasi digital, dan pengelolaan komunikasi publik.

"Kita perlu membangun Kompetensi ini dengan Kamus Kompetensi Berakhlak Kemenkominfo yang telah dirumuskan dan disusun bersama oleh pihak ACT Consulting International," jelasnya.

Lalu Hesti selaku Direktur ACT Consulting International mengatakan, agar apa yang didiskusikan bisa dieksekusi dengan baik dan meningkatkan kesehatan budaya kerja Berakhlak. Untuk itu ia merekomendasikan beberapa program lanjutan sebagai penunjang 7 tahapan penguatan budaya kerja ASN dari KemenPANRB.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2234 seconds (0.1#10.140)