Etika dan Kode Etik Perfilman

Senin, 06 Maret 2023 - 09:43 WIB
loading...
A A A
Selain menjawab pertanyaan-pertanyaan di atas, ada baiknya juga dipahami dulu apa yang dimaksud dengan etika, kode etik, profesi, kode etik profesi, dan hal-hal lain yang berkaitan dengannya.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), Kode Etik berarti norma dan asas yang diterima oleh kelompok tertentu sebagai landasan tingkah laku. Adapun kata “etika” sendiri berasal dari bahasa Yunani “ethos” yang berarti “adat istiadat” atau “kebiasaan”. Dalam pengertian ini, etika berarti kebiasaan hidup yang baik kepada diri sendiri atau lingkungannya. Maka etika berisi nilai-nilai, tata cara hidup, aturan hidup yang baik, dan seterusnya.

Dalam pengertian itu, etika sama dengan “moral” (bahasa Latin “mos”, jamaknya “mores”, yang berarti adat istiadat atau kebiasaan). Jadi, etika dan moralitas sama-sama berarti sistem nilai tentang bagaimana manusia harus hidup baik yang diwujudkan dalam bentuk kebiasaan dan perilaku yang ajek atau berulang. Kata “moral” memang selalu mengacu pada baik-buruknya seseorang sebagai manusia.

Selain itu, etika juga dimengerti sebagai filsafat moral atau ilmu yang membahas atau mengkaji nilai-nilai dan norma moral. Di sini etika tidak memberi perintah konkret, tapi menghasilkan orientasi. Jadi etika dimengerti sebagai cabang filsafat yang menekankan pendekatan kritis dalam melihat nilai-nilai dan norma moral dengan segala permasalahannya. Maka etika adalah refleksi kritis mengenai nilai dan moral. Ia adalah ilmu. Bukan ajaran.

Dalam dunia filsafat dikenal beberapa jenis atau teori etika. Dua di antaranya adalah Etika Dentologis dan Etika Teleologis. Kata deotologis berasal dari bahaya Yunani “deon” yang berarti kewajiban. Etika ini menekankan kewajiban untuk bertindak baik. Suatu tindakan itu baik bukan atau tidak dinilai dan dibenarkan berdasarkan akibat atau tujuan baik dari tindakan, melainkan berdasarkan tindakan itu sendiri sebagai baik pada dirinya. “Jangan mencuri”; “Janji harus ditepati”, dan seterusnya.

Jadi ia menekankan motivasi, kemauan baik, dan watak yang kuat. Menurut Immanuel Kant, kemauan baik harus dinilai baik pada dirinya sendiri terlepas dari apapun juga. Kemauan baik adalah syarat mutlak untuk bertindak secara moral. Tindakan baik tidak saja sesuai dengan kewajiban, melainkan juga yang dijalankan demi kewajiban.

Sedangkan (etika) teleologis berasal dari bahasa Yunani “telos” yang berarti tujuan. Etika ini mengukur baik buruknya tindakan berdasarkan tujuan yang mau dicapai dengan tindakan itu atau akibat yang ditimbulkan. Etika ini lebih situasional, karena tujuan dan akibat suatu tindakan bisa sangat tergantung pada situasi khusus tertentu.

Problemnya: Bagaimana menilai tujuan atau akibat dari tindakan itu? Tujuan dan akibat baik itu untuk siapa? Pribadi yang melakukannya atau orang banyak? Etika ini memunculkan dua aliran, yakni egoisme etis (kepentingan pribadi) dan utilitarianisme (manfaat sebanyak mungkin orang).

Aliran yang sangat terkenal dan dianut banyak orang adalah utilitarianisme. Berasal dari bahasa Latin “utilis”, yang berarti bermanfaat atau berguna. Prinsip aliran ini: The greatest happiness of the greatest number. Aliran ini mengukur betul-salahnya tindakan manusia dari manfaat akibatnya. Baginya, semua tindakan pada dirinya sendiri dianggap netral.

Yang memberi nilai moral pada tindakan itu adakah akibat-akibatnya. Kritik terhadap aliran ini adalah bahwa ia tidak menampung masalah keadilan dan hak bagi sebagian orang, minoritas, atau satu orang yang bisa jadi dirugikan akibat keputusan yang diambil.
Dalam khazanah etika juga dikenal istilah Etika Umum dan Etika Khusus.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2120 seconds (0.1#10.140)