Pengamat: Kejutan, Jika Gibran dan Bobby Tak Dapat Rekomendasi PDIP

Jum'at, 17 Juli 2020 - 07:17 WIB
loading...
Pengamat: Kejutan, Jika Gibran dan Bobby Tak Dapat Rekomendasi PDIP
PDIP rencananya siang ini mengumumkan pasangan calon kepala daerah gelombang kedua dalam Pilkada 2020. Apakah anak-menantu Presiden Jokowi, Gibran Rakabuming Raka dan Bobby Nasution dapat rekomendasi? FOTO/DOK.SINDOnews/ANTARA/Aprillio Akbar
A A A
JAKARTA - Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) rencananya siang ini mengumumkan pasangan calon kepala daerah gelombang kedua dalam Pilkada serentak Desember 2020. Dari para bakal pasangan calon itu, di antaranya akan diumumkan rekomendasi untuk Pilkada Solo dan Medan.

Pilkada Solo menjadi menarik perhatian publik karena muncul putra sulung Presiden Jokowi, Gibran Rakabuming Raka . Sedangkan, Pilkada Medan, muncul menantu Jokowi, Bobby Nasution . Belum diketahui pasti apakah kedua keluarga Jokowi itu akan mendapatkan rekomendasi PDIP atau tidak.

Direktur Eksekutif Parameter Politik Indonesia, Adi Prayitno menilai, ada dua kemungkinan. Pertama, tak ada kejutan dalam pengumuman itu. "Anak-mantu presiden Gibran dan Bobby direkom PDIP maju pilkada," kata Adi saat dihubungi SINDOnews, Jumat (17/7/2020).(Baca juga: Tak Direkomendasi PDIP di Pilwalkot Solo, Achmad Purnomo Tahu dari Jokowi )

Adi menganggap publik akan mafhum jika keduanya mendapat rekomendasi dari PDIP untuk diusung dalam Pilkada nanti, karena popularitas keduanya yang merupakan keluarga Presiden.

Kedua, kata Adi, menjadi kejutan sebenarnya jika partai yang dipimpin Megawati Soekarnoputri itu justru tak memberikan rekomendasi kepada Gibran maupun suami dari Kahiyang Ayu itu. Baginya, dalam politik selalu dinamis sebelum pasangan diumumkan secara resmi oleh partai bersangkutan. Sehingga, ia mengatakan, ini akan menjadi kabar yang menghebohkan.

"Rekom PDIP akan ada kejutan kalo Gibran dan Bobby tak masuk rekom. Baru ini menarik. PDIP akan menunjukkan khittahnya sebagai partai kader," ujar analis Politik asal UIN Jakarta ini.(Baca juga: PDIP Umumkan Dukungan Pilkada Gelombang Kedua Pada 17 Juli 2020 )
(abd)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1126 seconds (10.177#12.26)