3 Implikasi Pertemuan Surya Paloh-AHY dan Deklarasi Anies Baswedan oleh PKS

Jum'at, 24 Februari 2023 - 07:37 WIB
loading...
A A A
”Selama ini, alotnya proses negosiasi di Koalisi Perubahan tampaknya terletak pada penentuan nama cawapres serta skema kompensasi yang dinegosiasikan. Jika penentuan cawapres memang sudah selesai, maka koalisi perubahan sedang proses finalisasi menuju akad pengesahan koalisi,” ujar dia dalam pernyataan tertulis, dikutip Jumat (24/2/2023).



Bila deklarasi bisa dilakukan sebelum Ramadhan, kata Umam. Koalisi Perubahan berpeluang menjadi gerbong koalisi pertama yang memiliki infrastruktur politik lengkap serta menuntaskan perdebatan capres-cawapres.

Hal ini berpotensi memunculkan implikasi yang kedua. “Manuver ini berpeluang memicu percepatan finalisasi koalisi-koalisi lainnya, atau mereka akan kehilangan momentum politik jelang satu tahun menuju Pemilu 2024,” tutur Umam.

Implikasi ketiga, bila benar duet Anies-AHY terwujud, peluang terjadinya snowball effect atau efek bola salju cukup besar. Menurut Umam, berdasarkan data survei lintas lembaga, elektabilitas Anies akan terdongkrak cukup signifikan ketika disandingkan dengan AHY.

Pencawapresan AHY dipandang dapat memberikan insentif elektoral kepada Anies. AHY dengan Partai Demokrat-nya akan mampu membawa Anies-yang selama ini dihantam para rivalnya dengan stigma kanan-konservatif- untuk bergerak ke tengah.

”Karakter politik moderat dan nasionalis-religius akan lebih kuat kalau Anies-AHY berlayar. Jika pesan ini disosialisasikan dengan baik dan dideklarasikan lebih cepat, maka berpeluang menghadirkan snowball effect yang bisa mengonsolidasikan basis pemilih loyal yang bersumber dari swing voters dan undecided voters,” ujar dia.
(muh)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2131 seconds (0.1#10.140)