Biaya Haji Jadi Rp49,8 Juta, Ustaz Yusuf Mansur: Kabar Gembira, Jamaah Lega

Jum'at, 17 Februari 2023 - 09:51 WIB
loading...
Biaya Haji Jadi Rp49,8 Juta, Ustaz Yusuf Mansur: Kabar Gembira, Jamaah Lega
Ustaz Yusuf Mansur menyambut baik ditetapkannya biaya haji sebesar Rp49,8 juta pada tahun ini. Foto/dok.SINDOnews
A A A
JAKARTA - Ustaz Yusuf Mansur menyambut gembira kesepakatan Komisi VIII DPR dan Kementerian Agama mengenai biaya haji sebesar Rp49,8 juta. Menurut dia, ini adalah kabar yang mengggembirakan.

"Alhamdulillah, berita baik. Insya Allah kabar gembira ini menjadikan jamaah haji lega, senang dan semakin yakin kepada Allah SWT," kata Yusuf Mansur dalam keterangannya, Jumat (17/2/2023).

Pimpinan Pondok Pesantren Daarul Quran ini pun mendoakan dan berharap semoga semua ekosistem haji tahun 2023 berjalan dengan baik dan lancar.

"Mulai dari jamaah hajinya sendiri, pemerintah, segala jenis usaha, pekerjaan, layanan, pengusaha, pekerja dan pelayan haji di sini (Tanah Air) dan di Tanah Suci, semuanya diberkahi Allah, ditolong Allah dan diterima sebagai ibadah dan amal saleh," ungkap Bacaleg DPR RI dari Partai Persatuan Indonesia (Perindo) Dapil DKI Jakarta I (Jakarta Timur) ini.



Seperti diketahui, besaran rata-rata Biaya Perjalanan Ibadah Haji (Bipih) 2023 Rp49,8 juta adalah 55% dari total Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH) sebesar Rp90 juta. Sisanya ditutup dari nilai manfaat pengelolaan dana haji.

Ketua DPP Partai Perindo Bidang Keagamaan Abdul Khaliq Ahmad sebelumnya juga mengapresiasi kesepakatan DPR dan pemerintah itu. "Alhamdulillah akhirnya DPR bersama Pemerintah menyepakati Bipih sebesar Rp49,8 juta dari total biaya penyelenggaraan haji yang sebesar Rp90 juta sebagaimana usulan Partai Perindo," kata Khaliq dalam keterangannya, Kamis (16/2/2023).

"Kita berterima kasih kepada para wakil rakyat dan pemerintah yang mau mendengar dan memperhatikan aspirasi rakyat atas keberatan kenaikan biaya haji yang sebelumnya diusulkan Menteri Agama menjadi sebesar Rp69 juta," ujar Khaliq yang juga merupakan Ketua Umum Silaturahmi Haji dan Umrah Indonesia (SAHI) tersebut.

Seperti diketahui, pada 24 Januari 2023, Partai Perindo menyatakan Bipih Tahun 2023 yang diusulkan Kementerian Agama menjadi Rp69 juta per orang jelas memberatkan rakyat.

"Kenaikan biaya haji Rp69 juta sebagaimana diusulkan oleh Menteri Agama saat Raker bersama Komisi VIII DPR RI sangat memberatkan rakyat," kata Khaliq saat itu.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3698 seconds (0.1#10.140)