Pertemuan ASEAN CECWG, Bea Cukai Bahas Pertukaran Informasi Intelijen

Selasa, 14 Februari 2023 - 02:30 WIB
loading...
A A A
“Dalam rangka Keketuaan Indonesia di ASEAN tahun 2023, kami juga telah menginisiasi peningkatan kerja sama antara administrasi pabean dan pajak di ASEAN dengan menyusun konsep guideline yang dapat dijadikan pedoman atau best practices untuk dilaksanakan oleh tiap-tiap AMS,” terangnya.

Tentunya insiatif ini ditujukan untuk mendorong program sinergi di Kementerian Keuangan sejak tahun 2013 melalui pelaksanaan joint audit antara Bea Cukai dan Direktorat Jenderal Pajak ke ranah internasional di lingkup regional ASEAN.

Adanya kerja sama, lanjut Hatta, sinergi antara otoritas kepabeanan dan pajak tersebut dapat berupa pertukaran data, analisis bersama, dan pemeriksaan bersama. Bahkan, kata dia, investigasi bersama dalam hal terdapat bukti awal yang cukup tentang adanya kecurangan.

"Sebagaimana diungkapkan Direktur Kerja Sama Internasional Kepabeanan dan Cukai Bea Cukai, sekaligus Co-Coordinator SPCD 08, Anita Iskandar, dalam pembukaan 33rd ASEAN CECWG Meeting, pedoman ini diharapkan dapat bermanfaat bagi otoritas kepabeanan setiap negara anggota ASEAN dalam meningkatkan mekanisme kerja sama dengan otoritas perpajakan,” paparnya.
(mhd)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3557 seconds (0.1#10.140)