Pertemuan ASEAN CECWG, Bea Cukai Bahas Pertukaran Informasi Intelijen

Selasa, 14 Februari 2023 - 02:30 WIB
loading...
Pertemuan ASEAN CECWG, Bea Cukai Bahas Pertukaran Informasi Intelijen
Rangkaian kegiatan 33rd ASEAN Customs Enforcement and Compliances Working Group (CECWG) Meeting telah digelar di Bali beberapa waktu lalu. Foto: Istimewa
A A A
JAKARTA - Rangkaian kegiatan 33rd ASEAN Customs Enforcement and Compliances Working Group (CECWG) Meeting telah digelar di Bali beberapa waktu lalu. Dalam acara tersebut dibahas sejumlah agenda seperti pertukaran informasi intelijen, pelaksanaan operasi bersama, serta program peningkatan kapasitas administrasi pabean.

Agenda tersebut ditujukan untuk meningkatkan pengawasan dan keamanan bagi masyarakat dari beredarnya barang-barang berbahaya yang dapat mengancam keselamatan masyarakat. CECWG merupakan forum kerja sama administrasi pabean di ASEAN yang dibentuk untuk mengamankan rantai pasokan internasional dan masyarakat, memfasilitasi perdagangan yang sah, dan menangani pelanggaran dan penipuan di bidang kepabeanan.

Kepala Subdirektorat Humas dan Penyuluhan Bea Cukai, Hatta Wardhana mengatakan CECWG juga bertanggung jawab atas implementasi Strategic Plan of Customs Development (SPCD) 2021-2025. Nantinya forum ini berisikan pemikiran dan aktivitas-aktivitas pendukung di area-area strategis kepabeanan untuk mencapai integrasi kepabeanan di ASEAN.

“Indonesia berperan sebagai country coordinator untuk SPCD 08 tentang Post Clearance Audit,” kata Hatta, Senin 13 Februari 2023.

Karena peran itu, kata dia, Indonesia memberikan update perkembangan implementasi aktivitas di dalam SPCD 2021-2025 terkait audit kepabeanan. Kemudian, kata dia, penegakan hukum dan kerja sama timbal balik (mutual assistance) serta keamanan publik dan perlindungan masyarakat.

"Sebagai country coordinator untuk SPCD 08 tentang Post Clearance Audit, Bea Cukai telah berkontribusi dalam menyusun strategic plan untuk bidang post clearance audit serta secara rutin memberikan technical assistance kepada ASEAN Member States (AMS) yang membutuhkan,” tambahnya.

Hatta kemudian mencontohkan pada tahun 2021, Indonesia memberikan workshop secara virtual kepada Brunei Darussalam dan Malaysia dengan tema Strategic Planning on PCA and Risk Management.



Selain itu, pada tahun 2022, Indonesia juga memberikan pelatihan berupa program On- the-Job Training (OJT) dengan mengundang pegawai Lao Customs Department untuk sharing knowledge dan praktik/simulasi audit di kantor pusat Bea Cukai.

Selain itu, Bea Cukai membahas pertemuan itu sebagai upaya peningkatan kerja sama antara administrasi pabean dan otoritas pajak di ASEAN, yang diwujudkan oleh Bea Cukai melalui penyusunan ASEAN Guideline on Cooperation between Customs Administration and Tax Authority.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1241 seconds (0.1#10.140)