Prabowo Sering ke Istana, Diminta Pendapat soal Reshuffle Kabinet?

Selasa, 31 Januari 2023 - 18:15 WIB
loading...
Prabowo Sering ke Istana, Diminta Pendapat soal Reshuffle Kabinet?
Ketua Harian DPP Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad saat diwawancara awak media di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (31/1/2023). Foto/MPI/Achmad Al Fiqri
A A A
JAKARTA - Ketua Harian DPP Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad mengakui Prabowo Subianto sering ke Istana Kepresidenan di tengah isu perombakan atau reshuffle kabinet . Namun, Dasco tak mengetahui detail apa yang dibahas.

"Pak Prabowo sering ke Istana, saya belum tahu apakah dalam salah satu kunjungan itu kemudian dimintai pendapat reshuffle demikian," kata Dasco saat ditemui di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (31/1/2023).

Menurutnya, intensitas Prabowo menghadap Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam sepekan bisa mencapai dua hingga tiga kali. Menurutnya, pemanggilan itu masih wajar.





Apalagi, Prabowo merupakan Menteri Pertahanan (Menhan). Kendati demikian, Dasco menegaskan bahwa Partai Gerindra tak akan mencampuri urusan reshuffle kabinet.

Ia menegaskan bahwa reshuffle kabinet merupakan hak prerogatif Presiden Jokowi. "Saya rasa di Gerindra tidak dalam kapasitas mencampuri urusan reshuffle. Jadi enggak ada serius-serius toh kami juga enggak ditawari tambahan menteri, kalau ditawari ya mungkin bicaranya serius tentang siapa kan gitu," kata Dasco.

Diketahui, isu reshuffle kabinet kian santer dalam beberapa waktu belakangan. Beredar isu reshuffle kabinet akan dilaksanakan pada Rabu Pon, tepatnya 1 Februari 2023.

Jokowi pun menjawab santai saat dikonfirmasi mengenai isu tersebut. "Rabu Pon bener? ya nanti tunggu saja," kata Jokowi usai acara Kick Off Keketuaan ASEAN Indonesia 2023 di Bundaran HI, Jakarta Pusat, Minggu (29/1/2023).

Isu reshuffle kabinet telah mencuat sebelum pergantian tahun 2023. Wakil Ketua Umum PPP Arsul Sani mengatakan, Presiden Jokowi biasa melakukan reshuffle kabinet pada Rabu Pon atau Rabu Pahing.

"Bulan Januari Rabu pahing sudah lewat, biasanya reshuffle itu kalau tidak Rabu Pahing, Rabu Pon. Rabu Pon nanti kalau kita lihat penanggalan baru ada di tanggal 1 Februari kalau tidak salah," kata Arsul kepada wartawan di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (12/1/2023).
(rca)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1619 seconds (0.1#10.140)