Kader Hima Persis Didorong Berikan Edukasi tentang Hukum dan HAM

Senin, 30 Januari 2023 - 23:37 WIB
loading...
Kader Hima Persis Didorong Berikan Edukasi tentang Hukum dan HAM
Kader Hima Persis mengikuti Pendidikan dan Pelatihan Nasional (Diklatnas) Hukum dan HAM di Wisma DPR RI, Bogor, Jawa Barat. Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - Kader Himpunan Mahasiswa Persatuan Islam ( Hima Persis ) didorong memberikan edukasi tentang penegakan hukum dan Hak Asasi Manusia (HAM) kepada masyarakat. Advokasi terkait masalah tersebut juga perlu dilakukan.

Hal itu disampaikan Ketua Umum PP Hima Persis Ilham Nurhidayatullah dalam Pendidikan dan Pelatihan Nasional (Diklatnas) Hukum dan HAM di Wisma DPR RI, Bogor, Jawa Barat. Diklatnas yang berlangsung pada 28-29 Januari 2023 tersebut bertema "Menakar Hak Asasi Manusia dari Genealogi sampai Implementasi".

"Diklatnas ini menjadi modal intelektual kader untuk mencerdaskan kehidupan berbangsa dan bernegara," ujar Ilham dalam keterangan pers yang diterima SINDOnews, Senin (30/1/2023).



Ilham pun berharap nantinya kader Hima Persis mampu untuk mengedukasi dan mengadvokasi masyarakat terkait pemahaman dan penegakan hukum dan HAM. "Di daerah masing-masing apa yang perlu diedukasi dan diadvokasi itu dilakukan, supaya sehabis kegiatan Diklatnas ada impact-nya ke masyarakat," pungkasnya.

Ketua Bidang Hukum dan HAM PP Hima Persis Rizaldi Mina menambahkan, Diklatnas tersebut diharapkan dapat menghasilkan kader yang peka terhadap martabat kemanusiaan. "Genealogi di acara ini mempelajari sejarah kelam kekerasan terhadap kemanusiaan dari negara dan konsep dasar tentang HAM yang nantinya akan semakin membuat kepekaan keder akan penghormatan martabat manusia," tuturnya.

Dalam kegiatan tersebut, kader Hima Persis juga mempelajari terkait implementasi penegakan HAM, bagaimana proses penyelenggaraan terhadap penyelesaian kejahatan masa lalu secara yudisial maupun nonyudisial. "Hal ini akan membuat bertambahnya pengetahuan proses yuridis maupun sosiologis dalam penyelesaian kasus HAM yang diamati oleh kader Hima Persis."
(zik)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1488 seconds (0.1#10.140)