Perwira TNI/Polri Harus Cakap Hadapi Tantangan dan Peluang

Selasa, 14 Juli 2020 - 11:54 WIB
loading...
Perwira TNI/Polri Harus Cakap Hadapi Tantangan dan Peluang
Presiden Joko Widodo (Jokowi) melantikan perwira TNI/Polri di Istana Negara, Selasa (14/7/2020). FOTO/SINDOnews/DITA ANGGA RUSIANA
A A A
JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta para perwira TNI / Polri harus cakap membaca tantangan dan peluang di masa depan. Apalagi, dunia berubah begitu cepat.

"Sebagai pengawal masa depan, Saudara-saudara harus cakap membaca tantangan dan peluang ke depan. Yang jelas, dunia berubah dengan begitu cepatnya. Disrupsi terjadi di semua sektor kehidupan," katanya saat melantik Perwira TNI/Polri di Istana Negara, Selasa (14/7/2020).

Dia mengatakan, Revolusi Industri Jilid IV semakin mendorong perubahan super cepat tersebut. Dunia juga akan diwarnai oleh hiperkompetisi oleh persaingan yang ketat, antarnegara bersaing untuk menguasai pengetahuan dan teknologi, termasuk dalam industrialisasi. Teknologi militer juga berkembang dengan cepat.

"Teknologi militer terkini telah memanfaatkan kecerdasan buatan, automation, augmented reality, dan teknologi siber telah jauh berkembang . Dan masih banyak lagi perkembangan teknologi yang mengagumkan yang Saudara-saudara harus menjadi bagian untuk mengendalikan dan mengembangkannya," paparnya. ( ).

Bahkan, tantangan kejahatan yang dihadapi perwira kepolisian juga sangat berat. Hal ini mengingat kejahatan menggunakan teknologi sangat canggih. "Kejahatan siber lintas negara juga memerlukan kemampuan antisipasi dan mitigasi yang lebih baik," ujarnya.

Dia pun berpesan agar perwira TNI/Polri mengikuti dan mengejar perkembangan zaman. Menurutnya, perwira TNI/Porli harus menjadi bagian dari kualitas SDM Indonesia yang hebat yang menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi.

"(SDM) yang lincah dan inovatif dalam menghadapi perubahan dengan karakter kebangsaan penjaga NKRI dan penjaga Pancasila yang sejati," pungkasnya. ( ).
(zik)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1895 seconds (0.1#10.140)