Program Peningkatan Kompetensi Dosen Pemula dan Masa Depan Dosen

Jum'at, 23 Desember 2022 - 07:43 WIB
Dalam pelaksanaannya Kemenag menggandeng Perguruan Tinggi Penyelenggara (PTP) di 17 UIN se-Indonesia dengan total 48 angkatan dengan masing-masing angkatan 40 orang. Dalam sejarah pelatihan dosen ini adalah kegiatan pertama yang melibatkan banyak unsur dan berdimensi masa depan (futuristik).

Pelaksanaan program PKDP akan berlangsung secara blanded system, yaitu 5 hari secara offline dan 57 hari secara online yang keseluruhannya meliputi 200 jam pelatihan. Adapun tempat pelaksanaan berada di 15 provinsi, yaitu Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Jambi, Sumatera Selatan, Lampung, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, DI Yogyakarta, Jawa Timur, Nusa Tenggara Barat, Kalimantan Selatan, dan Sulawesi Selatan.

Kita ingin para dosen tumbuh dan berkembang menjadi pribadi yang profesional, berwawasan kebangsaan dan moderasi beragama yang kuat serta pandai mencandra masa depan dengan ketrampilan-ketrampilan yang unggul dan solutif bagi dunia PTKI. Wajah PTKI adalah wajah Indonesia dan wajah Indonesia ditentukan oleh salah satunya oleh PTKI.

Tulisan ini akan saya akhiri dengan kalimat yang indah oleh Jacques Barzun tentang peran dosen untuk kemanfaatan masa depannya; “Dalam mengajar, kau tidak bisa mengetahui buah hasilnya dalam sehari. Tidak bisa dilihat dan tetap begitu, mungkin (terlihat hasilnya) dua puluh tahun lagi”. Wallahu a'lam bi al-shawab.

Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
(bmm)
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More