Program Peningkatan Kompetensi Dosen Pemula dan Masa Depan Dosen

Jum'at, 23 Desember 2022 - 07:43 WIB
Pertama, kompetensi paedagogik, yaitu keterampilan merencanakan pembelajaran, keterampilan metodologis, keterampialn memilih media pembelajaran, penciptaaan suasana dan tradisi pembelajaran hingga keterampilan melaksanakan evaluasi.

Kompetensi pendidikan dan pembelajaran (paedagogik) menjadi kompetensi utama yang harus dimiliki dosen. Karena ia berperan sebagai sumber ilmu pengetahuan sekaligus harus pintar untuk transfer of knowledge. Seorang dosen bertugas untuk mengajar, penyambung lidah pelbagai ilmu kepada para mahasiswanya.

Disadari tidak semua dosen berlatar belakang program studi ilmu tarbiyah dan keguruan, karenanya ketika menjadi dosen dari pelbagai prodi sesuai dengan kurikulum yang ada di PTKI, harus dibekali dengan ilmu didaktik-methodik. Hal ini menjadi keniscayaan.

Kedua, kompetensi wawasan kebangsaan dan moderasi beragama. Kompetensi ini bermaksud untuk meningkatkan wawasan kebangsaan dan moderasi beragama bagi para dosen. Para dosen pemula diharapkan memiliki wawasan kebangsaan yang kuat dan semangat dan nilai-nilai keagamaan yang inklusif, moderat dan damai.

Ketiga, kompetensi kepenulisan karya ilmiah. Dosen pemula tidak boleh melupakan tugas akademik, berupa kemampuan melakukan penelitian dan menulis karya ilmiah, agar nantinya dapat memerankan diri menajamkan tugas-tugas Tri dharma perguruan tinggi yaitu aspek penelitian.

Keempat, Kompetensi wawasan global dan tantangan kekinian. Kemampuan mencandra hari esok, peluang dan tantangan dosen harus dikuasi apalagi di era disrupsi, sebagai konsekuensi munculnya era yang disebut Revolusi Industri 4,0 dan era Society 5.0.

Langkah Strategis-Historis

Tahun 2022 adalah momentum historis, langkah sejarah bagi penataan kualitas dosen di lingkungan Kementerian Agama, yang kini tersebar di 850 PTKI dan 59 di antaranya adalah Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN).

Mengapa dosen pemula? Dosen pemula di sini adalah dosen baru yang berada kira-kira di bawah lima tahun berkhidmah dan dosen mutasi dari semula menjadi tenaga kependidikan atau pegawai pada birokrasi kementerian/lembaga/dinas. Dengan profesi baru menjadi dosen tentu tugas dan fungsinya berbeda, dari semula menjadi tenaga administrator kini berubah menjadi fungsional dosen.

Kegiatan PKDP direncanakan diikuti oleh 1.700 orang yang merupakan peserta sertifikasi dosen pada tahun anggaran 2022. Diselenggarakan kolaborasi antara Direktorat Jenderal Pendidikan Islam dengan Balitbang dan Diklat, atas pendanaan dari Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP). Kegiatan secara resmi dibuka pada Senin 19 Desember 2022.
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More