Partai Islam yang Lolos sebagai Peserta Pemilu 2024, Nomor Terakhir Pendatang Baru

Jum'at, 16 Desember 2022 - 14:18 WIB
Berikutnya ada Partai Persatuan Pembangunan (PPP). Mengutip keterangan dari laman resminya, partai berlambang Ka’bah ini merupakan hasil gabungan dari 4 partai keagamaan.

Keempat partai tersebut adalah Partai Islam Persatuan Tarbiyah Islamiyah (PERTI), Partai Muslim Indonesia (PARMUSI), Partai Syarikat Islam Indonesia (PSII), dan Partai Nahdlatul Ulama (NU).

PPP dideklarasikan pada 5 Januari 1973. Saat itu, penggabungan keempat partai Islam ini didasarkan untuk penyederhanaan sistem kepartaian di Indonesia guna menghadapi Pemilu 1973.

Saat ini, Partai Persatuan Pembangunan (PPP) dipimpin oleh Muhammad Mardiono sebagai Plt Ketua Umum. Selain itu, mereka juga telah lolos sebagai peserta Pemilu 2024 dengan nomor urut 17.

3. PKS

Partai Keadilan Sejahtera (PKS) didirikan pada 20 Juli 1998 dengan nama Partai Keadilan (PK). Kala itu, ketua pertamanya adalah Nurmahmudi Isma’il.

Dari sekian nama partai yang lolos sebagai peserta Pemilu 2024, partai yang saat ini dipimpin Ahmad Syaikhu ini juga termasuk menjadi salah satunya.

Baca juga : Soal Poros Partai Islam, Inisiator Partai Ummat Bilang Begini

4. PBB

Partai Islam berikutnya adalah Partai Bulan Bintang (PBB). Mengutip informasi dari laman resminya, PBB terlahir sebagai parpol Indonesia yang berasaskan Islam pada 17 Juli 1998 di Jakarta.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More